Mohon tunggu...
Sari Aquarius
Sari Aquarius Mohon Tunggu... Pelukis dan penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hal terbaik dan terindah di dunia ini tidak bisa dilihat atau didengar, tapi harus dirasakan dengan hati

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Phil Spector meninggal karena komplikasi Covid -19 pada usianya yang ke 81 tahun

18 Januari 2021   04:46 Diperbarui: 18 Januari 2021   04:59 35 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Phil Spector meninggal karena komplikasi Covid -19 pada usianya yang ke 81 tahun
Sumber gambar : nytimes.com

Phil Spector "Wall of Sound" adalah teknik rekaman inovatif yang mendukung beberapa aksi terbesar dalam musik, telah meninggal pada usia 81 tahun karena komplikasi Covid-19.

The Wall of Sound adalah pendekatan yang teliti dan berlapis untuk merekam, memukul pendengar dengan susunan yang padat dan hampir simfoni bahkan pada nada dasar rock 'n roll. Itu menjadikan Spector salah satu auteur musik rock pertama dan salah satu produser paling sukses di era musik pop yang berkembang pesat. Di antara banyak kliennya adalah Ronettes, The Beatles, Ike & Tina Turner, Leonard Cohen, Ramones, Righteous Brothers, John Lennon, Yoko Ono dan George Harrison. Artis rekaman lain yang tak terhitung jumlahnya meniru pendekatan Spector, menjadikannya salah satu produser studio paling berpengaruh sepanjang masa.

Tapi Spector jatuh dari kasih karunia ketika dia dipenjara karena pembunuhan aktris Lana Clarkson tahun 2003 di rumahnya. Spector, yang dikenal mengacungkan senjata api, mengklaim senjatanya meledak secara tidak sengaja. Dia diadili dua kali untuk pembunuhan tersebut setelah salah persidangan awal, akhirnya dihukum pada tahun 2009 dan dijatuhi hukuman 19 tahun penjara di negara bagian California. Dia dipenjara di fasilitas Perawatan Kesehatan Negara Bagian California di Stockton saat kematiannya.

Spector akan memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat pada tahun 2024.

Lahir Harvey Phillip Spector di Bronx, New York pada tahun 1939, dia memulai karir musiknya sebagai gitaris dan vokalis dengan Teddy Bears, mereka menulis single Nomor satunya yang berjudul To Know Him Is To Love Him . Hal itu menyebabkan Spector menjadi salah satu pendiri Philles Records, menjadikannya pada usia 21 sebagai pemilik label rekaman termuda di AS pada saat itu.

Tahun 1960-an adalah masa kejayaan bagi Spector, saat ia menulis dan memproduseri Ronettes, the Crystals, dan Ike & Tina Turner. Dia biasanya akan bekerja dengan band house yang dikenal sebagai "The Wrecking Crew" pada lagu klasik seperti Be My Baby, You're Lost That Lovin 'Feelin' dan River Deep, Mountain High.

Spector pensiun sebentar pada tahun 1966, tetapi kembali pada tahun 1969 untuk memproduksi album The Beatles Let It Be, bersama dengan rekaman solo oleh anggota grup John Lennon dan George Harrison.

Pada saat itu, ia secara luas diakui sebagai salah satu produser rekaman teratas dalam sejarah pop, setelah memimpin 18 singel Top 10 AS untuk berbagai artis.

Tetapi setan pribadi sekali lagi menggagalkan Spector, dan pada akhir 1970-an, dia menjadi terkenal karena keeksentrikannya seperti halnya tubuh pekerjaannya. Banyak cerita tentang dia mengacungkan senjata, menggunakan narkoba, dan memaksakan sesi maraton.

Dia terluka parah pada tahun 1974 dalam kecelakaan mobil Hollywood, California, terlempar melalui jendela kendaraan dan hampir meninggal di tempat kejadian. Dia mengambil ratusan stiches ke kepalanya dalam kecelakaan itu, yang telah dikutip sebagai alasan dia mulai memakai bermacam-macam wig aneh di kemudian hari.

Dari 1980-an hingga awal 2000-an, Spector melakukan aktivitas rekaman secara sporadis. Dia bekerja dengan Celine Dion (proyek dia akhirnya dipecat) dan grup Starsailor. Tapi dia mengadakan banyak pesta di dalam dan di sekitar rumahnya di Alhambra, California dan sering terlihat di Hollywood.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x