Mohon tunggu...
Sari Aquarius
Sari Aquarius Mohon Tunggu... Pelukis dan penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hal terbaik dan terindah di dunia ini tidak bisa dilihat atau didengar, tapi harus dirasakan dengan hati

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

1938-2021: Jim Bob Moffet Meninggal karena Covid-19

10 Januari 2021   19:24 Diperbarui: 10 Januari 2021   19:28 143 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
1938-2021: Jim Bob Moffet Meninggal karena Covid-19
Sumber Photo : rappler.com


Dia meninggal karena komplikasi dari COVID-19 di Austin pada hari Jumat. Dia berusia 82 tahun."Jim Bob adalah legenda di Texas. Dia memainkan peran penting dalam keberhasilan departemen trek dan lapangan kami," kata Direktur Atletik Utah Chris del Conte kepada Amerika Serikat, Sabtu. Kata politisi itu. "Dia salah satu kucing liar primitif. Hanya minyak Texas yang legendaris."

Putra Moffitt, Bubba, mengatakan kepada Nola.com pada hari Sabtu bahwa ayahnya telah sakit selama beberapa tahun dan kemudian mengidap COVID-19.

Moffett bermain untuk pelatih sepak bola UT yang legendaris, Darrell Royal, belajar geologi, kemudian menjadi donor utama, dan kemudian mengancam akan menuntut tiga profesor.

Rencana jutaan dolar yang disediakan oleh mantan eksekutif pertambangan UT donor untuk pengembangan hulu skala besar di Barton Springs memicu gerakan lingkungan perkotaan di awal 1990-an dan melahirkan aktivis yang lebih agresif.

Perusahaan pengeboran yang dia dirikan bersama adalah salah satu merger terbesar dalam sejarah Wall Street. Perusahaan ini adalah salah satu penambang emas dan tembaga terbesar di dunia, dan telah menimbulkan ejekan di Austin dan di tempat lain atas dugaan keterlibatannya dalam pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia.

Moffett lahir di Houma, Louisiana pada tahun 1938. Setelah orang tuanya bercerai, ibunya memindahkan dia dan saudara perempuannya ke Houston. Moffett kuliah di Universitas Utah dengan beasiswa sepakbola penuh. Dia melanjutkan untuk mendapatkan gelar master dari Tulane University di New Orleans.

Dia dan W.K. membentuk McMoRan Exploration. McWilliams Jr. dan B.M. Rankin. Pada tahun 1981, Moffett bergabung dengan salah satu perusahaan merger terbesar dalam sejarah Wall Street dan bergabung dengan McMoRan Oil & Gas Co. Mendirikan Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. dengan Freeport Minerals Co.

Operasi perusahaan di seluruh dunia menempatkan Moffett di garis depan kontroversi kampus.

Kritikus telah lama menganggap perusahaan tersebut sebagai simbol neo-kolonialisme, dengan alasan masalah lingkungan yang disebabkan oleh pertambangan, dan dugaan pembunuhan, penyiksaan dan pelecehan lainnya terhadap masyarakat adat pemerintah Indonesia sebagai mitra bisnis dari operasi tersebut.

Lebih dekat ke rumah, Freeport melahirkan gerakan akar rumput untuk melindungi kualitas air sambil beralih ke FM Properties (sekarang dikenal sebagai Stratus Properties) untuk melakukan fine-tuning di perbukitan yang tertutup juniper di sepanjang Sungai Barton di sebelah barat Austin.

Proposal tersebut mencakup perbukitan Austin barat daya yang rapuh secara ekologis antara Barton Creek dan Southwest Parkway, termasuk 3.000 rumah, pembangunan komersial seluas 3 juta kaki persegi, dan lapangan golf seluas 4.000. Bangunan tersebut akan dibangun melalui jaringan saluran air bawah tanah ke Barton Springs.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN