Mohon tunggu...
Adi Pujakesuma
Adi Pujakesuma Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

KEBENARAN HANYA MAMPU DILIHAT MELALUI MATA KEMATIAN

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Via Vallen Artis Debutan "Viral" di Jagad Hiburan

22 Oktober 2017   08:50 Diperbarui: 22 Oktober 2017   09:34 0 7 5 Mohon Tunggu...
Via Vallen Artis Debutan "Viral" di Jagad Hiburan
Via Vallen Artis Debutan Viral di Jagad Hiburan (sumber gambar:dream.co.id)

Artis cantik debutan asal Sidoarjo Jawa Timur berwajah mirip Isyana Sarasvati ini semakin melambung, karena berhasil menggondol penghargaan SCTV Music Awards 2017 dalam kategori Penyanyi Dangdut Paling Ngetop 2017. Popularitasnya  menyingkirkan sejumlah nama penyanyi dangdut senior seperti Inul Daratista, Ayu Ting Ting, Zaskia Gotik, Nasar dan Cita Citata.

Bakat Vallen dalam berdangdut, turun dari sang bapak, yang seseorang musisi dangdut. Meski awalnya menyukai musik pop, Via tak segan merambah dunia dangdut.

Via Vallen (sumber gambar: jawapos.com)
Via Vallen (sumber gambar: jawapos.com)
Vya Maulidia Octavia atau lebih dikenal dengan nama panggung Via Vallen seorang penyanyidangdut pribumi, berkebangsaan Indonesia lahir di Surabaya, 1 Oktober1990. Memulai karier di dunia tarik suara sejak umur 15 tahun. Antusiasme masyarakat begitu membludak menyambut artis naik daun yang wajahnya mirip Isyana Sarasvati ini. Penggemarnya datang dari berbagai kota di Indonesia yang diberi nama Vyanisty. Dan sekarang, kini bersolo karier dengan keluarnya single pertama Via berjudul "Selingkuh" launching tahun 2015 dan single lagu 'Sayang' tahun 2017 belakangan membuatnya viral dijagad hiburan semakin membuatnya banyak dikenal oleh pecinta musik di tanah air.

Lagu 'sayang' bergenre koplo campursari sangat menggoncang penggemar dangdut. Diluar pulau jawa, seperti Sulawesi Selatan, Ambon hingga Papua lagunya kurang "laku", bukan karena liriknya tidak bagus, lebih kepada dialeg atau bahasanya tidak familier di telinga mereka, asing didengarnya. Hanya penggemar dari Jawa saja yang menikmati lagu tersebut, selain itu sosok Via Vallen, berparas cantik menjadi nilai jual tersendiri. Via terbilang sukses membawakan genre koplo.

Indonesia memang aneh, mengapa saya bilang aneh? Anak-anak muda jaman sekarang kurang menyukai lagu-lagu berbau dialeg daerahnya. Mengakunya "Pribumi" akan tetapi lebih hafal lirik lagu-lagu asing sebagai nyayian wajib dalam gawai, ketimbang lagu jawa, papua, sulawesi, sumatera dan seterusnya. Ironisnya, ajang pencarian bakat di beberapa televisi nasional malah menonjolkan lagu-lagu asing untuk dinyanyikan, sama sekali kurang rasa NASIONALISMEnya. Memang secara musikalitas lirik aransemen lagu asing/bule menjadi jaminan mutu ditelinga warga indonesia yang majemuk.

Tidak mudah membujuk mereka untuk "menyanyikan" lagu-lagu indonesia, sebab budaya asing terpatri hingga sanubari generasi muda indonesia selaras pesatnya perkembangan teknologi.

Biduan dangdut seksi ini mendapat julukan "Ratu Pop Koplo" karena lagu-lagu pop yang dibawakan dalam irama dangdut koplo disetiap penampilannya. Kiprahnya pun semakin gemilang saat kemunculannya di sejumlah stasiun televisi nasional untuk menjadi bintang tamu, bahkan pernah diundang dalam sebuah acara penghargaan yaitu Anugerah Dangdut Indonesia MNCTV tahun 2016 dan berkesempatan manggung bersama sejumlah artis terkenal Soimah Pancawati dan lainnya.

Sayangnya kemenangan Via Vallen dalam penghargaan tersebut justru mendapatkan cemoohan dari fans rival. Penggemar atau fans Hatter kan bisanya cuit-cuit doang tidak perlu diatanggapi, tidak ada untungnya. Hal ini biasa terjadi di dunia entertainment, mungkin karena Via Vallen tergolong artis 'naik daun' dalam dunia dangdut.

Hadirnya Vallen didunia musik membawa warna sendiri karna meyuguhkan kombinasi pada musik dangdut dan musik pop di tanah air. Vallen sendiri jadi pedangdut yang tidak menampakkan keseksian tubuhnya dengan baju minim atau bahkan juga goyangan berlebihan di setiap aksi panggungya. Karenanya, lumrah bila Via Vallen mendapat penghargaan bergengsi sebagai penyanyi dangdut paling ngetop 2017.

22 Oktober 2017

KONTEN MENARIK LAINNYA
x