Mohon tunggu...
Sarah Samosir
Sarah Samosir Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan

Kegagalan adalah suatau pelajaran bagi kedepannya. Semangat pasti bisa.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengaruh Pandemi terhadap Peningkatan Ilmu Pendidikan Berbasis Teknologi

18 Juni 2021   15:45 Diperbarui: 18 Juni 2021   16:05 74 2 0 Mohon Tunggu...

PENGARUH PANDEMI TERHADAP PENINGKATAN  ILMU PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI

COVID 19 atau sering disebut juga virus corona merupakan virus ganas dan mematikan  yang pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada tahun 2019. Hingga sampai saat ini virus corona masih menyebar luas  dan semakin ganas di beberapa negara terutama Indonesia. 

Dengan munculnya covid 19 yang mengakibatkatkan perekonomian, pariwisata, kesehatan dan pendidikan di Indonesia semakin menurun. Seperti yang kita ketauhi kini sudah ada virus varian baru yang lebih ganas dari virus corona.

Akibat virus corona, peningkatan ilmu pendidikan harus dilakukan di rumah secara berbasisi teknologi seperti pembelajaran di sekolah  dan di kampus akhirnya harus melakukan pembelajaran melalui berbasis teknologi. Teknologi adalah sarana berbentuk aneka macam peralatan atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia. 

Pendidikan berbasis teknologi yaitu proses belajar mengajar menggunakan teknnologi seperti Handphone ataupun Laptop. Melalui Handphone ataupun laptop kita dapat mendowload dan menggunakan aplikasi pembelajaran seperti Google Clasroom, yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran sekaligus.

Pembelajaran berbasis  Teknologi  ini mengakibatkan terjadi pergeseran pola interaksi antara guru dan   siswa,  Yang seharusnya guru berperan sebagai sumber belajar yang    berkewajiban memberikan ilmu pengetahuan secara langsung, kini dengan pembelajaran  berbasia teknologi guru  berperan sebagai fasilitator dan motivator belajar bagi peserta didiknya. Walaupun dengan sistem berbasis teknologi bukan suatu hambatan untuk meningkatkan ilmu pendidikan.

Di masa Pandemi Covid-19 Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan sudah merupakan kelaziman dan keharusan karena membantu menyediakan komputer dan jaringan yang menghubungkan peserta didik, guru dan administrator sekolah. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber media cyber space atau ruang maya dengan menggunakan internet.

Teknologi sangat penting baik dimasa pembelajaran online maupun belajar tatap muka yang dapat membantu anak menambah pengetahuan pembelajaran baru, menambah wawasan, dan lebih memahami hal-hal baru maka teknologi harus digunakan dengan hal yang baik. Untuk anak umur sekolah dasar (SD) sebaiknya diperhatikan saat mengunakan handphone agar anak tidak melihat yang seharusnya belum bisa dilihatnya seperti kekerasan dan lainnya.

Identitas Diri:

Nama: Sarah Evelyn Samosir 

Prodi : Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas: Ilmu Pendidikan dan Keguruan

Universitas: HKBP Nommensen Medan

VIDEO PILIHAN