Transportasi

5 Kiat Sukses Diterima Jadi Pramugari Maskapai Besar Indonesia

6 Februari 2019   15:24 Diperbarui: 6 Februari 2019   15:28 24 0 0
5 Kiat Sukses Diterima Jadi Pramugari Maskapai Besar Indonesia
Java Aviation Academy | dokpri

Pramugari, dokter, guru, dan perawat adalah sejumlah profesi terkenal generasi 90an hingga mereka yang lahir di awal tahun 2000. Saat ini sebagian dari mereka baru saja menyelesaikan studi di Sekolah Menengah Atas dan bisa saja sedang merasa kebingungan untuk melanjutkan studi atau mencari pekerjaan. Apakah kamu salah satu diantaranya?

Tidak ada salahnya untuk membuka kembali kenangan masa lalu dan mengingat ingat kembali profesi apa yang pernah kamu impikan dulu? Apakah jawabannya adalah menjadi pramugari? Maka bukan suatu hal yang mustahil hal tersebut bisa diraih segera mungkin. Di dalam artikel ini, akan dibahas 5 kiat sukses diterima jadi pramugari di berbagai maskapai besar tanah air. Siapa yang tidak tertarik? Ada banyak fasilitas menanti termasuk tunjangan dan gaji yang mampu menyejahterakan. Yuk simak kiat-kiat dari saya di bawah ini.

Mengenali Diri Sendiri

Kamu tentunya sudah tahu bahwa ada banyak persyaratan untuk menjadi seorang pramugari. Persyaratan itu meliputi persyaratan fisik dan non fisik. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu apa saja persyaratan fisik pramugari Indonesia. Pada umumnya menuntut tinggi badan tidak kurang dari 160 cm, dan memiliki bentuk serta berat badan ideal. Persyaratan fisik lainnya tidak jauh berbeda dengan jenjang pendidikan lain yang menuntuk tidak buta warna serta diperbolehkan minus dengan tingkatan tertentu. Persyaratan non fisik meliputi jenjang pendidikan, kemampuan berbahasa, serta dokumen-dokumen penunjang.

Kenalilah dirimu sendiri, apakah kamu seorang yang mumpuni untuk menjadi seorang pramugari? Jika kamu memiliki tinggi badan jauh dari 160 cm, sebaiknya tunda dulu mimpimu. Iya mungkin kamu memang cerdas dan pembicara yang baik, tapi persyaratan fisik juga penting sekali adanya.

Atau kamu sudah percaya diri karena memiliki tinggi badan semampai serta paras yang menarik? Tapi kamu merasa bahwa nilai akademismu kurang memuaskan dan kamu kurang fasih berbahasa asing. Jangan dulu berkecil hati, selagi masih ada waktu berarti masih banyak kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri.

Kuncinya adalah, kenalilah dirimu sendiri, apa kekuranganmu, apa kelebihanmu, hal apa yang menjadi passion mu, sehingga dengan mudah kamu bisa memperbaiki apa yang kurang serta meningkatkan apa yang sudah menjadi kelebihanmu.

Fokus dan Tekun

Buatlah sebuah rencana mengenai peningkatan kualitas diri sebelum mendaftar menjadi pramugari. Bisa jadi kamu perlu berolahraga lebih untuk mencapai berat badan ideal, atau mungkin perlu kursus Bahasa asing untuk meningkatkan kemampuan berbahasa. Fokus dan tekunlah dalam bidang tersebut. Kesempatan sangat lebar menantimu untuk menjadi seorang pramugari di maskapai besar tanah air.

Percaya diri

Percaya diri itu sangat penting. Kepercayaan diri merupakan energi tersendiri yang memancar melalui aura dan membuat orang juga percaya terhadap kita. Sehingga pada saat menghadapi tes seleksi pramugari, kita bisa meyakinkan tim seleksi bahwa kita adalah individu yang kompeten. Untuk menunjang kepercayaan diri, persiapkan diri sebaik mungkin termasuk mempersiapkan penampilan terbaik serta melakukan peningkatan kualitas diri. Jadilah pribadi yang menyenangkan. Attitude yang baik menjadi salah satu faktor tertariknya orang lain terhadap diri kita, sehingga pada akhirnya mereka akan mudah percaya.

Jangan Berlebihan

Kepercayaan diri mampu meyakinkan orang lain tentang kompetensi yang kita miliki. Namun, overconfident (kepercayaan diri berlebihan) justru menjadi boomerang yang membahayakan diri kita sendiri. Percaya diri yang berlebihan memunculkan stigma negatif dan mengurangi rasa hormat (respect ) orang lain terhadap diri kita. Maka dari itu, janganlah berlebihan. Termasuk dalam urusan dandan. Pramugari bukanlan artis atau foto model yang dituntut selalu dandan menor dan meriah. Dandanan yang pas dan sesuai akan lebih dihargai dan memberikan kesan menarik. Dalam urusan berbicara, bicaralah sewajarnya dan seperlunya.

Pilihlah Sekolah Pramugari Terbaik

Poin terakhir ini adalah poin yang paling penting, namun sengaja saya simpan di akhir agar menjadi kesimpulan. Memilih sekolah pramugari terbaik menjadi gerbang utama diterima atau tidaknya kita di maskapai besar Indonesia. Sekolah pramugari yang telah memiliki legalitas, serta memiliki sarana dan prasarana penunjang yang mumpuni mampu mencetak para pramugari professional yang siap bersaing dengan ribuan lulusan sekolah pramugari lainnya. Materi pendidikan yang baik didukung oleh pengajar yang handal menjadikan kita seorang yang ahli di bidangnya.

Java Aviation Academy merupakan salah satu sekolah pramugari terbaik di Indonesia yang telah mencetak ratusan hingga ribuan alumnus tersebar di berbagai maskapai dan bandara besar. Mereka telah membuktikan bahwa mereka mampu mengalahkan ribuan pelamar lainnya karena kompetensi mereka yang sangat mumpuni sebagai hasil pembelajaran di Java Aviation Academy.

Sudah saatnya mewudujkan mimpimu menjadi pramugari. Java Aviation Academy menantimu serta siap mengantarkanmu mewujudkan mimpi itu. Ribuan orang telah percaya kami, inilah saatmu.