Mohon tunggu...
Eko Gondo Saputro
Eko Gondo Saputro Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Menjadikan menulis sebagai salah satu coping mechanism terbaik✨

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Menelisik Kesuksesan HMNS Perfumery di Indonesia: Parfum Lokal yang Banyak Diminati Generasi Muda

17 Juni 2024   23:16 Diperbarui: 17 Juni 2024   23:29 781
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penampilan diri merupakan sebuah identitas personal bagi seseorang yang akan mempengaruhi bagaimana cara pandang orang lain terhadap dirinya. Meskipun banyak orang yang tidak memandang penampilan, namun penampilan diri kerap kali dapat menunjukkan posisi seseorang di dalam lingkungan masyarakat.

Jika kita seorang pekerja, maka kita akan dituntut untuk memiliki penampilan yang sopan, rapi, dan terlihat profesional. Atau yang paling sederhana adalah ketika bertemu dengan kerabat atau teman, kita mencoba untuk memberikan penampilan yang semenarik mungkin sebagai bentuk penghargaan dan rasa gembira untuk melakukan pertemuan tersebut.

Terdapat komponen-komponen dalam penting mendukung sebuah penampilan diri. Mulai dari pakaian, aksesoris, gaya rambut, hingga kebersihan diri yang meliputi kuku, gigi, hingga wajah. 

Namun dari banyaknya komponen tersebut, terdapat satu komponen yang kemudian akan menjadi ciri khas dari penampilan seseorang yaitu parfum atau weweangian.

Sejak kemunculan pada zaman kuno, parfum yang semula digunakan oleh bangsa Mesir kuno sebagai komponen dalam upacara keagamaan hingga kematian, kemudian terus mengalami perubahan fungsi dalam tatanan kehidupan masyarakat.

Di zaman modern ini, kemajuan pesat membuat bermunculan berbagai macam jenis parfum dari berbagai merk dengan variasi aroma-aroma tertentu. Saat ini parfum bukan hanya sebagai cara untuk menghilangkan bau yang tidak sedap saja, tetapi sebagai simbol status, keanggunan, dan keindahan pada diri seseorang.

Dulu, kita hanya mengenal merk parfum-parfum ternama saja. Tidak tersedianya parfum merk lokal ini disebabkan karena pada saat itu, menciptakan sebuah parfum merupakan suatu hal yang sulit. 

Ini terjadi karena adanya keterbatasan teknologi dan pengetahuan, sulitnya mengakses komposisi atau bahan tertentu, hingga keterbatasan sarana infrastruktur seperti fasilitas ekstraksi dan laboratorium yang belum banyak tersedia dan memadai.

Namun seiiring dengan perkembangan zaman, saat ini kita lebih banyak disuguhkan dengan berbagai jenis parfum merk lokal yang dari segi kualitas mampu bersaing dan menggeser merk parfum-parfum kenamaan dunia.

Dari banyaknya merk-merk parfum lokal yang beredar di Indonesia saat ini, mungkin yang paling banyak menarik perhatian konsumen dengan menawarkan kualitas yang mampu membuat mereka berpaling dari parfum merk-merk pafrum kenamaan, yaitu HMNS perfumery yang dengan cepat banyak dicintai para konsumen parfum di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun