Mohon tunggu...
Wahyu Saputra
Wahyu Saputra Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis di saputrawhy.com

Mencoba sedikit salah | Penulis buku The Missing Point (EA Books, 2021)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Berpikir Positif Bisa Membawa Kita ke Arah yang Salah

11 Agustus 2021   10:42 Diperbarui: 12 Agustus 2021   02:07 240 10 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berpikir Positif Bisa Membawa Kita ke Arah yang Salah
Ilustrasi oleh Hello I'm Nik/Unsplash 

Dalam rentang waktu lebih panjang, selalu berpikir positif hanya memperburuk diri dan keadaan. Kita tidak hanya memiliki energi yang lebih sedikit untuk mengolah tindakan, tetapi juga lebih mudah menutup diri dari kenyataan sehingga peluang untuk memfungsikan diri dengan lebih dewasa tertutup. 

---

Pada 1939, dalam persiapan Perang Dunia II, pemerintah Inggris menerbitkan poster bertuliskan "Keep Calm and Carry On". Poster itu dimaksudkan untuk meningkatkan moral publik Inggris yang akan dipertemukan suara senjata, kendaraan tempur lapis baja, serta teriakan orang-orang yang bersimbah darah.

Meskipun poster tersebut dicetak 2,45 juta eksemplar, keberadaannya tidak banyak diketahui. Hingga pada tahun 2000, seorang pemilik toko buku Barter Books di Alnwick, Inggris, menemukan salinan asli poster tersebut dalam kotak berisi buku-buku tua yang dia beli dari sebuah lelang. Desain sederhana dan sejarah di baliknya mengubah poster itu menjadi fenomena internasional.

Hari ini kita masih mendengar pesan yang sama. Kita dikelilingi nasihat yang menyarankan kita untuk berpikir positif, bahkan dalam keadaan yang buruk. 

Tren ini semakin langgeng karena disebarluaskan orang-orang yang telah berhasil mencapai tujuan. Status dan pencapaian yang mereka tunjukkan kita anggap sebagai bukti keabsahan kekuatan berpikir positif.

Kita terlena, hingga kemudian menjadi sangat terobsesi. Apa pun dan bagaimanapun plot kehidupan, kita akan selalu menguatkan keyakinan, dan menanamkan kepercayaan bahwa semua baik-baik saja.

  • Gagal diterima kerja? Tenang. Berpikir positif bahwa itu memang bukan pekerjaan yang tepat untukmu.
  • Bisnismu gagal? Tenang. Berpikir positif bahwa keberuntungan memang sedang tidak berpihak kepadamu.

Lihat, ketika kita berpikir positif, kita merasa memiliki kendali untuk membuat jalan kehidupan yang lancar. Keraguan yang membuat kita terjebak dalam pikiran tak berujung dan membatasi kita mengambil tindakan memiliki peluang besar untuk padam. 

Keyakinan kemudian tumbuh dan membentuk berbagai sudut pandang yang romantis. Kita bisa menjadi karyawan yang lebih bahagia, menjadi seseorang yang lebih produktif, lebih sukses, dan lebih superior.

Namun, bagaimana jika berpikir positif justru menghalangi diri kita?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan