Mohon tunggu...
Sapti Nurul hidayati
Sapti Nurul hidayati Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Ibu rumah tangga

Mantan ibu bekerja, yang sekarang jadi IRT biasa. Suka hal-hal yang berbau sejarah. Sedang belajar menulis lewat aktifitas ngeblog. Membagikan cerita dan tulisan di blog pribadi https://www.cerryku.com

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Peran BRI Bawa UMKM Naik kelas

18 Desember 2022   17:53 Diperbarui: 18 Desember 2022   17:53 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Digitalisasi UMKM penting (sumber gambar : pixabay)

Tidak bisa dimungkiri, pandemi menghantam semua sektor usaha.  Termasuk juga di kalangan UMKM yang sebelum pandemi menjadi sektor yang banyak memberi pemasukan bagi devisa negara. 

Berdasar data, jumlah UMKM yang terdampak pandemi cukup besar. Mencapai 82,9% dari jumlah UMKM di Indonesia. Tentu saja ini menjadi perhatian semua pihak, baik pemerintah maupun swasta.

Berbagai upaya dilakukan agar pelaku UMKM dapat bertahan dan bangkit pasca pandemi. Salah satu peluang yang dapat dimaksimalkan adalah melalui digitalisasi UMKM. Akibat pandemi perubahan perilaku masyarakat yang lebih menyukai transaksi via online merupakan peluang yang harus dimanfaatkan.

Peran BRI Bagi UMKM

Bagi para pelaku UMKM,  BRIPahlawanFinansial. BRI banyak memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM. Kehadiran BRI hingga di pelosok negeri termasuk di kawasan 3T memberi angin segar bagi pelaku usaha untuk melakukan transaksi keuangan dan menerima program KUR dari pemerintah.

Tidak hanya itu BRI juga melakukan pendampingan agar pelaku UMKM melek digital melalui program digitalisasi UMKM.  Program digitalisasi UMKM merupakan program untuk mengubah sistem penjualan secara konvensional ke sistem digital yang memanfaatkan kemajuan teknologi dalam hal ini keberadaan internet untuk menjalankan usaha.

Karena akan ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh UMKM yang melek digital, diantaranya :

1. Memperluas jangkauan pemasaran

Melalui pemasaran digital, maka jangkauan pemasaran dari produk UMKM tidak hanya lokal,  melainkan global.  Ini artinya digitalisasi UMKM akan menghilangkan sekat atau batasan wilayah bagi UMKM untuk menawarkan produknya.  Yang menjadi pembeda antara produk satu dengan yang lainnya adalah kualitas atau mutu produk.

2. Mempermudah transaksi

Pemasaran digital akan mempermudah konsumen membeli suatu barang, tanpa harus ke mana-mana.  Dan trend belanja online ini semakin meningkat dari waktu ke waktu. Sehingga agar tidak ketinggalan jaman,  UMKM harus go digital.  Apalagi saat ini banyak fasilitas perbankan termasuk dari BRI yang memudahkan konsumen melakukan transaksi pembayaran.

3. Memperbesar pendapatan

Dengan go digital,  maka peluang UMKM untuk memperbesar pendapatan akan semakin besar. Itulah sebabnya digitalisasi UMKM adalah suatu keharusan. 

BRI menyadari pentingnya digitalisasi terhadap UMKM. Oleh karena itu BRI melakukan berbagai upaya agar UMKM go digital sehingga naik kelas. Salah satunya dilakukan dengan menyelenggarakan program "Pengusaha Muda BRILian 2022". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun