Mohon tunggu...
MR. SAPLIAN
MR. SAPLIAN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hoby saya menulis artikel ilmiah, mendesain web, editing vidio dan foto. Mampu membuat ide gagasan terbarukan dalam sebuah penulisan artikel. Mampu memberikan ide segar sesuai dengan perkembangan zama.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pengembangan Potensi Wisata Daerah Melalui Penggerakan Pemuda Karang Taruna Daerah

7 November 2022   22:00 Diperbarui: 7 November 2022   23:09 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Objek wisata merupakan salah satu sumber pemasukan daerah yang paling menonjol. Objek wisata itu sendiri menjadikan daya Tarik tersendiri buat wisatan local maupun manca negara.

Salah satu hal yang dapat membantu mengembangkan potensi wisata daerah yaitu melalui peran pemuda karang taruna dalam membangun daerahnya melalui Gerakan pemuda bergairah sebagai bentuk mewujudkan pengenalan alam wisata daerah.

Pentingnya seorang pemuda dalam membangun daerahnya. Hal ini sebagai upaya mewujudkan peran dari seorang pemuda itu sendiri sebagai "agent of change".

Apa itu agent of change itu?

Agent of Change atau  juga dapat dianggap sebagai orang atau organisasi yang mendukung atau menghidupkan kembali institusi atau organisasi dalam menanggapi lingkungan yang berubah. Ketika sebuah perusahaan atau institusi berjuang untuk beradaptasi, agen perubahan biasanya mampu meningkatkan hal-hal atau berkontribusi untuk menemukan solusi.

Disinilah peran pemuda karang taruna diperlukan. Sebagai upaya pemberdayaan SDM daerah dan membantu meningkatkan potensi SDA daerah.

Pemuda tidak hanya berperan sebagai pelajar maupun aktivis. Melaikan juga berperan dalam membangun peradaban menuju suatu peradaban yang lebih baik lagi. Perlunya kompetensi yang dimiliki seorang pemuda dalam memberikan kontribusi terhadap daerahnya.

Pembangunan daerah dapat terwujud dengan baik jika para pemudanya dapat memberikan kontribusi nyata. Sebagai mana soekarno pernah berkata, "beri aku 1000 orang tua maka akan aku cabut gunung semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda maka akan aku guncangkan dunia".

Dari itu semua kita dapat memahami bahwa peran pemuda Indonesia sangatlah dibutuhkan. Namun terkadang ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan mood pada seorang pemuda. Salah satu faktor yang mempengaruhi mood seorang pemuda ialah sifat emosional yang belum stabil dan masih bersifat labil.

Namun jika dibiarkan dan tidak dilatihnya emosional seorang pemuda dan menekan egonya. Maka akan  hancurnya bangs aini. Oleh sebab itu perlunya partisipasi pemuda Indonesia, khususnya melalui Gerakan komunitas karang taruna dalam membangun daerah wisatanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun