Mohon tunggu...
Hasan Sanusi
Hasan Sanusi Mohon Tunggu... Teknisi - Nothing else

Think Globally Act Locally

Selanjutnya

Tutup

Financial

BNI Seoul Gandeng OJK Gelar Seminar Edukasi Keuangan Dan Kewirausahaan Di Busan

24 November 2018   03:32 Diperbarui: 4 Agustus 2019   20:06 470 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

           Busan-Korea selatan, BNI Seoul Branch menyelenggarakan Seminar Edukasi Keuangan dan Kewirausahaan di Kyungsung University Busan, Korea Selatan, Minggu (18/11/2018).

           Bekerja sama dengan OJK dan KBRI Seoul, acara ini dihadiri lebih dari 230 orang yang mayoritas adalah Pekerja Migran Indonesia di Korea. Setiap tahunnya BNI Seoul menyelenggarakan seminar bisnis, namun pada tahun ini dirasa spesial karena mengundang Otoritas Jasa keuangan(OJK).

           Hadir dalam acara tersebut General Manager BNI Seoul, Anisfu. Beliau menuturkan bahwa acara ini digagas untuk memberi pemahaman kepada masyarakat Indonesia di Korea tentang pentingnya Edukasi Keuangan,seperti kita ketahui ada sekitar 40.000 WNI kita di Korea,ini jumlah yang besar.

           Selain itu hadir pula sebagai pembicara dalam seminar ini yakni Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito  "Sebagai otoritas industri keuangan di Indonesia Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentunya berkepentingan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan ke masyarakat pengguna produk keuangan ditambah lagi akhir-akhir ini banyak sekali investasi bodong yang korbannya tidak hanya orang orang di Indonesia tetapi juga WNI yang ada di Luar Negeri,kita sangat prihatin sekali"Imbuhnya.

           Dalam sesi sharing kewirausahaan dihadirkan Pemilik dari rumah makan Bakso Bejo Korea, H Subandi. H Subandi pun berkisah bahwa dulunya beliau adalah PMI di Korea "saat itu saya iseng bikin bakso dan kata teman saya rasanya enak,dari situlah saya nekat  dengan modal 200.000 won saya buat warung bakso kecil-kecilan" tuturnya. Usaha yang dirintisnya 3 tahun lalu itu pun membuahkan hasil terbukti sekarang sudah tersebar di lima kota dengan puluhan cabang.

           Acara seperti ini sangat berguna untuk menambah wawasan tentang pengelolaan keuangan pribadi pekerja migran Indonesia yang ada di korea agar mereka dapat merencanakan kehidupan nanti setelah pulang ke tanah air. BNI Seoul sendiri adalah satu satunya Bank dari Indonesia yang beroperasi di Korea selatan yang ber-lisensi Full Branch, dengan predikat itu maka memungkinkan untuk memberikan pelayanan yang sangat beragam mulai dari pengiriman/remittance rupiah ke Indonesia ,tabungan rupiah/dollar,deposito dll.[hsn]

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan