Mohon tunggu...
Yakobus
Yakobus Mohon Tunggu... Tuhan Penolong Abadi, I become minister

Membela kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi maupun golongan.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Kesukarelawanan Pendorong Demokrasi

8 Desember 2018   17:52 Diperbarui: 8 Desember 2018   18:01 281 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kesukarelawanan Pendorong Demokrasi
20225980-292129264594273-4689724839756300288-n-5c0ba1f7bde575399c2ac983.jpg

Sukarelawan, Kesukarelaan, atau Sukarela secara umum dianggap sebagai aktivitas altruistik dimana individu atau kelompok memberikan layanan tanpa keuntungan finansial untuk menguntungkan orang lain, kelompok atau organisasi. 

Menjadi sukarelawan menawarkan bantuan penting bagi yang membutuhkan, baik kepada kelompok ataupun kepada kepentingan bangsa . Bantuan yang diberikan cukup berharga, tetapi yang utama adalah manfaatnya yang didapat lebih besar bagi Anda, sukarelawan.

Saya sendiri memiliki pengalaman sebagai sukarelawan di Bidang Kebencanaan. Ada kepuasaan tersendiri ketika menjadi bagian dari misi kemanusiaan di bidang kebencaan. Dengan menjadi sukarelawan dan membantu orang lain. Katanya sih... dapat membantu Anda mengurangi stres, memerangi depresi, membuat Anda tetap terangsang secara mental, dan memberikan rasa tujuan. 

Menurut saya ini adalah bagian penting dalam penjalanan hidup saya. Dengan menjadi sukarelawan, tidak harus terikat dalam suatu aturan dan waktu yang ketat. 

Sukarelawan apabila ditinjau dari tujuannya kepentingannya dapat dikelompokan dalam dua kategori yaitu : sukarelawan individu dan sukarelawan kelompok atau organisasi. Pada level yang lebih luas sukarelawan memberikan layanan pada kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau kelompok.

Nilai-nilai yang lahir dari semangat kesukarelaan tidak dapat diukur, karena atas dasar semangat kesukarelaan itu yang bersifat subjektif. Parameternya pada kepuasaan individu, kemudian berkolaborasi dalam kepuasan kelompok atau organisasi.  Menjadi relawan merupakan sebuah kehormatan karena nilai-nilai dari semangat  kesukarelaan tersebut. 

Kita mengenal sukarelawan di berbagai bidang. Sukarelawan bidang kesehatan, kebencanaan dan bidang kemanusiaan lainnya. Jauh sebelum ini para pejuang kemerdekaan merupakan contoh  individu yang memiliki semangat kesukarelawanan. 

Semangat patriotisme untuk melawan penjajahan merupakan nilai-nilai yang dimiliki oleh sukarewalan pada masa penjajahan. Semangat bela negara individu-individu pada masa itu kemudian terwadahi berbagai organisasi pemuda dan pelajar pejuang. Seperti pada organisasi Pembela Tanah Air (PETA) yang digagas oleh Gatot Mangkoepradja.

Tentara PETA kemudian diminta untuk menyerahkan senjatanya setelah Indonesia merdeka. Banyak dari tentara menyerahkannya secara sukarela pula. Saya membuat tulisan ini didasari oleh situasi politik yang menyebabkan adanya segregasi dalam masyarakat bangsa. 

Perbedaan pandangan politik yang tak kunjung henti. Walau pesta demokrasi telah usai. Kini, pesta demokrasi sedang terjadi lagi. Yang menjadi pertanyaannya, nilai-nilai apakah yang menyebabkan anak bangsa ini akhirnya bersatu padu kembali ?

Lain perjuang kemerdekaan, lain pula perjuangan yang lahir dari di era reformasi. Tujuan besarnya memperbaiki tatanan pemerintahan yang lepas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Dua puluh tahun sudah era reformasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x