Mohon tunggu...
SANTI SARTIKA
SANTI SARTIKA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PBSI FKIP Universitas Ahmad Dahlan

Selamat datang di profil kami. Terima kasih sudah mampir, jangan lupa baca dan di share ya:))

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa Wujud Nyata Perubahan Indonesia

14 Agustus 2021   14:58 Diperbarui: 14 Agustus 2021   15:00 103 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Image from : id.pinterest.com/yuniviana

Di era baru sekarang ini mahasiswa menjadi salah satu harapan yang dimiliki Indonesia. Mahasiswa berpotensi merubah Indonesia menjadi lebih maju lagi dan siap bersaing dengan negara-negara lain. Mahasiswa mungkin sudah tidak asing di tengah masyarakat. Banyak masyarakat menganggap bahwa mahasiswa adalah wujud baru dari Indonesia. Yang menjadi harapan bagi rakyat Indonesia untuk membawa perubahan yang signifikan bagi Indonesia.

Seringkali kita temui banyak orang yang meremehkan ataupun merendahkan para mahsiswa. Tapi banyak juga yang memuji kecerdasan dan kecekatan seorang mahasiswa dalam hal membela bangsa. Banyak hal yang dilakukan mahasiswa untuk mewujudkan Indonesia yang maju. Salah satunya dengan mengikuti berbagai lomba atau olimpiade tingkat internasional. Banyak diantara perwakilan tersebut yang dapat menorehkan kebanggaan bagi Indonesia.

Dari sini kita tahu bahwa mahasiswa menjadi wujud nyata perubahan Indonesia. Mahasiswalah yang menjadi pejuang disegala bidang dan menjadi bagan kontrol sosial yang menjunjung tinggi toleransi dan keterbukaan antar masyarakat. Mahasiswa dituntut mampu untuk mengkontrol apa yang terjadi di Indonesia dan mengkritik apabila terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang ada. Sehingga mahasiswa harus bersikap berani dan krtitis terhadap kebijakan-kebijakan para pemerintah yang tidak sesuai.

Sikap kritis itu juga tidak hanya dengan aksi demontrasi yang anarkis. Namun juga dapat dilakukan dengan kegiatan yang lebih positif dikalangan masyarakat, seperti menulis kritik tersebut di koran atau dizaman sekarang ini kita dapat memanfaatkan media social sebagai ajang kritik kepada pemerintah, bermusyawarah yang sesuai dengan dasar negara, atau menciptakan demokratis yang sesuai dengan ketentuan dan tidak anarkis. Hal ini bisa diwujudkan apabila kita memiliki kemauan dan harapan memujudkan Indonesia yang berkemajuan.

Karena mahasiswa berperan menjadi perantara bagi masyarakat yang tidak berani berpendapat dimuka umum untuk menyampaikan aspirasnya. Sehingga dapat terwujudnya Indonesia yang demokratis da tidak apatis terhadap suatu hal. Mahasiswa juga dituntut agar dapat berbaur dengan berbagai organisasi baik itu masyarakat atau kampus, untuk menciptakan mahasiswa yang kritis, menambah soft skill dan pengetahuan tentang berorganisasi yang baik, leadership, serta ilmu diluar bidang kemampuan.

Jika di bandingkan dengan mahasiswa zaman dulu yang berperang melawan bangs lain, sedangkan sekrang mahasiswa banyak berperang melawan bangsanya sendiri. Dlam artian lain bahwa mahasiswa sedang berjuang untuk memerdekakan bangsa ini dari jajahan bangsanya sendiri. Oleh karena itu, mahasiswa harus mampu menjadi agen perubahan bangsa dan pondasi pertama perjuangan ini.

Untuk itu mari kita para mahasiswa sebagai harapan baru bagi Indonesia di masa depan dan sekarang ini, jadikan masa-masa perkuliahan ini sebagai ajang memperbaiki diri dan bangsa ini menjadi bangsa yang mampu bersaing dengan negara-negara lain yang sudah lebih dulu maju. Jadilah mahasiswa yang kritis akan suatu hal dan berani mengambil resiko demi kepentingan masyarakat Indonesia. Jika bukan kita siapa lagi? Mari ciptakan citra yang baik bagi masyarakat dan berguna bagi bangsa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan