Mohon tunggu...
Worklife

Percayalah Tidak Ada yang Tidak Bisa!

10 Mei 2019   00:34 Diperbarui: 10 Mei 2019   01:00 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Semangat yang tidak terhenti

Dirimu akan menjadi manusia yang berkembang, jika dihadapkan pada lingkungan "luar zona nyaman" mu. Kita harus berani keluar dari zona nyaman, agar kita bisa belajar lebih banyak hingga akhirnya diri kita sendiri tidak berhenti dalam zona nyaman akan tetapi semangat menemukan hal menakjubkan lain yang tidak pernah kita tahu.

Pemikiran tersebut hasil dari pengalaman saya bekerja di OCBC NISP sebagai Portfolio Card Management. Suatu peran yang tidak pernah saya lakukan, peran sebagai "anak bisnis" yang harus bertemu, berkolaborasi dan bertukar pikiran dengan banyak orang demi terwujudnya pengembangan bisnis.

Di pekerjaan sebelumnya, saya bekerja sebagai tim data. Suatu peran yang terbiasa duduk di depan komputer, asik dengan bahasa pemograman, menganalisa suatu trend, mengkalkulasi angka, dan hanya bertemu dengan tim sekerja dan tim bisnis sebagai orang yang kami support. Saya nyaman menjadi Santa yang bertemu dengan sedikit orang, tanpa perlu kenal banyak orang, tak perlu berbasa-basi dengan banyak orang.

Awalnya ketika ditawari posisi ini di OCBC NISP, saya sempat bertanya dalam hati "kira-kira saya bisa ga yah bekerja di posisi yang mengharuskan saya bertemu banyak orang?".

Ketika awal masuk kerja, saya harus beradaptasi dengan lingkungan baru, posisi baru, dan orang-orang baru. Beberapa kali saya gagal bernegosiasi dengan mereka dari departemen lain, sehingga tak jarang mereka menyatakan ketidaksukaan cara komunikasi saya yang kaku, terlalu serius atau terlihat begitu dominan. Saya mulai belajar dari buku "The Art of Dealing with People". Dari buku ini saya belajar berurusan dengan berbagai jenis orang, dan mulai saya terapkan dalam posisi saya.

Setelah setahun saya menjalani peran saya sebagai peran "anak bisnis" saya menemukan Santa yang lain dari Santa sebelumnya. Saya menemukan diri saya senang bertemu dan mengenal berbagai jenis orang. Senang jika saya berhasil bekerja sama dan saling mendukung satu sama lain, mendapatkan inspirasi, berdiskusi menemukan ide untuk memecahkan masalah dan hingga akhirnya saya belajar tidak hanya saya yang terinspirasi, akan tetapi saya dapat menginspirasi orang sekitar dengan kehadiran saya. Dan terus bersemangat untuk selalu keluar dari zona nyaman, menemukan dirimu yang tidak pernah terhenti.

Santa

(57229)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun