Mohon tunggu...
Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

blogger harus punya dedikasi dan harga diri. bersyukur seminim apapun keadaan. umur kian bertambah, jatah hidup di dunia semakin berkurang. mati-matian manusia demi dunia, akan tetapi dunia tidak manusia bawa mati. sebanyak apapun harta manusia tidak akan mencukupi hidup yang singkat ini.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Seandainya Punya Uang 700 Juta, Untuk Apa Ya?

7 Desember 2021   09:05 Diperbarui: 7 Desember 2021   09:12 150 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi Uang (finansial.bisnis)

Mungkin Deden Ali Anapiah merupakan salah satu orang yang sedang berbahagia saat ini. Bagaimana tidak, sebagaimana informasi beredar pria yang sehari-harinya bekerja sebagai Office Boy tersebut mendapatkan hadiah undian 1 unit mobil BMW X1 seharga Rp.700 jutaan dari salah satu Bank di Indonesia. Bak kalimat durian runtuh, Deden berencana mengajak keluarganya jalan-jalan menggunakan mobil itu.

Kabar gembira diatas sontak menyita perhatian Penulis. Dibenak Penulis bertanya-tanya seandainya Deden yang bekerja sebagai Office Boy atau Anda pribadi mendapatkan durian runtuh dengan nominal Rp.700 juta, lantas apa yang kira-kira Anda lakukan?

"sebanyak apapun harta tidak akan pernah cukup memenuhi hidup yang singkat ini"

Menarik untuk disimak, ketika Anda memiliki uang dengan jumlah tersebut apakah Anda kemudian berhenti dari pekerjaan? Apakah Anda langsung tergerak untuk menjadi entrepreneur atau wirausahawan? Apakah mungkin Anda belanjakan untuk membeli bermacam barang yang Anda idam-idamkan? Apakah Anda akan tasmasya ke luar negeri atau mengelilingi nusantara? Atau uang itu Anda memilih menyimpannya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari maupun yang akan datang?

Ya sejatinya dengan jumlah nominal uang yang punya tersebut banyak hal yang bisa Anda lakukan. Namun pertanyaannya, apakah dengan kondisi tersebut Anda tidak akan mencari uang lagi?

Belakangan ini kita seringkali mendengar akan berita mengenai bagaimana orang secara dadakan menjadi OKB atau Orang Kaya Baru.

Sebagai contoh warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban yang beramai-ramai membeli mobil baru dari hasil penjualan tanah yang kelak menjadi kilang minyak. Tak tanggung-tanggung, mereka mendapatkan jumlah uang dengan nominal besar dari Rp.8 milliar hingga Rp.38 milliar dari kepemilikan beberapa hektar lahan.

Akan tetapi kembali pertanyaannya seandainya Anda dengan memiliki Rp.38 milliar memastikan hidup Anda terjamin?

Mungkin sebagian dari Anda akan berpikiran dengan jumlah uang tersebut maka kehidupan Anda akan nyaman dan tentram. Anda akan menikmati hidup dengan uang yang Anda miliki dan tidak akan kembali banting tulang hidup dalam kesusahan. Namun faktanya tidak demikian adanya.

Hukum Ekonomi berkata, semakin besar pendapatan seseorang maka semakin besar pengeluaran. Berlandaskan azas tersebut maka otomatis individu-individu yang memiliki uang banyak itu maka akan semakin meningkat pula konsumsinya. Wajar kiranya bilamana mereka berbondong-bondong membeli mobil baru, toh sesuai dengan nominal besaran uang yang mereka dapatkan.

Menariknya disinilah yang jadi inti permasalahan mayoritas orang-orang yang memiliki uang banyak. Di Indonesia ini sebetulnya begitu banyak orang yang punya uang berlimpah namun minim yang memiliki kemampuan memanage atau mengatur keuangan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan