Mohon tunggu...
Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

blogger harus punya dedikasi dan harga diri. bersyukur seminim apapun keadaan. umur kian bertambah, jatah hidup di dunia semakin berkurang. mati-matian manusia demi dunia, akan tetapi dunia tidak manusia bawa mati. sebanyak apapun harta manusia tidak akan mencukupi hidup yang singkat ini.

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Mengapa Beberapa Kasus Korupsi Melibatkan Supir Pribadi?

12 Agustus 2021   11:15 Diperbarui: 12 Agustus 2021   13:45 215 11 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengapa Beberapa Kasus Korupsi Melibatkan Supir Pribadi?
ilustrasi Supir Pribadi (EliteServiceIbiza)

Pertama-tama Penulis mohon maaf bahwasanya artikel ini bukan untuk menjelekkan mereka yang berprofesi supir pribadi, melainkan tujukan kekesalan Anda tersebut kepada para koruptor karena menjelekkan profesi Anda.

Ya dalam kaitan kasus-kasus korupsi terjadi di Indonesia tidak dipungkiri melibatkan sosok yang mungkin orang tidak pernah duga-duga yaitu supir pribadi.

Orang akan bertanya kok bisa ya? Ada dua alasan kenapa semua itu bisa memungkinkan. Pertama, orang jahat akan selalu melakukan cara licik untuk menutupi tindak kejahatannya. Kedua, ialah karena lingkup supir pribadi adalah sosok yang paling dekat dengan aktivitas majikannya. Perlu dibuktikan?

Penulis ambil contoh kasus di Amerika sana, akan tetapi bukan berkaitan dengan tindak pidana korupsi tetapi turut melibatkan supir pribadi.

Anda pernah menonton film American Gangster (2007) oleh aktor Denzel Washington? Atau mengenal sosok Frank Lucas?

Sekilas tentang film American Gangster menceritakan sosok sentral dari Frank Lucas yang merupakan supir pribadi dari mendiang drug lord Ellsworth "Bumpy" Johnson di tahun 1960-an. Kala itu DEA atau istilahnya BNN-nya milik Amerika melalui agennya Richie Roberts (Russel Crow) mengendus adanya peredaran bisnis narkoba jenis kokain asal Vietnam dalam skala besar, tetapi mereka tidak mengetahui pada awalnya kalau kartel tersebut dikelola oleh sosok Frank Lucas.

Dalam kaitan film walau diangkat dari kejadian nyata tetapi tentu ada hal-hal yang mungkin didramatisir agar menarik ditonton atau berbeda dengan faktanya. Namun prihal bahwa Frank Lucas pernah menjadi supir pribadi Bumpy Johnson kemungkinan besar memang pernah.

Balik kembali ke keterlibatan supir pribadi dalam kasus korupsi, mengapa hal ini bisa terjadi?

Sebelumnya Penulis sudah memberikan alasan valid mengenainya, yaitu cara licik untuk menutupi kejahatan dan lingkup kedekatan si supir dengan majikan.

Kita disini kan berbicara maling uang negara maka ada kalanya mereka mencari cara sederhana agar tidak terendus KPK, salah satu yang dipilih ialah melibatkan supir pribadi. Kalau cara canggih, Penulis kurang tahu. Hehehe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan