Mohon tunggu...
Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger/Content Creator

walau orang digaji gede sekalipun, kalau mentalnya serakah, bakalan korupsi juga.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Kekecewaaan Pelanggan adalah Aib bagi Perusahaan

22 Agustus 2020   09:19 Diperbarui: 22 Agustus 2020   09:18 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi Customer Satisfaction (Qontak)

Di era teknologi informasi seperti sekarang, jaringan data adalah suatu yang bisa dikatakan tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Apalagi di masa pandemi sekarang ini dimana aktivitas normal manusia pada umumnya kian terbatas, maka kebutuhan akan jaringan data cenderung meningkat.

Pertanyaannya bagaimana apabila jaringan data yang Anda sedang lagi butuh-butuhnya bermasalah dan masalah itu bukan terletak pada perangkat yang Anda gunakan melainkan provider yang menyediakan layanan?

Hal tersebut Penulis alami ketika baru saja memperpanjang paket internet IM3Ooredoo pada 20/08/2020, perpanjangan paket yang lancar tanpa masalah justru secara tiba-tiba tidak dibarengi kualitas jaringan data yang baik. Jaringan data seketika bermasalah sulit diakses ditandai dengan koneksi yang RTO (Request Time Out) sepanjang hari.

Sebagai konsumen tentu segala upaya dilakukan berharap jaringan dapat segera normal dengan cara merestart perangkat. Namun hal tersebut berkali-kali dilakukan, tetap saja jaringan bermasalah.

Lanjut ke opsi kedua yaitu meminta bantuan pihal Call Center Indosat 185 untuk dapat menyelesaikan masalah. Belum komplain dilayangkan justru hal tidak bisa dinalar dialami Penulis tatkala untuk berbicara kepada Call Center maka Anda selaku konsumen dibebankan Rp.1000,- untuk sekali percakapan.

Sungguh luar biasa bukan, Anda mengalami masalah dan untuk melaporkannya maka Anda diwajibkan membayar Rp.1000,-? 

Oke-lah ada layanan Indosat Care via Twitter, hanya saja bedasarkan pengalaman Penulis layanan support ini responnya sangat lama dan bertele-tele. Oke-lah ada layanan 3000-3000 sebagai alternatif dari layanan 185, tetapi ya kembali Anda selaku konsumen harus dikenakan biaya untuk menghubungi mereka.

Entah darimana pihak manajemen Indosat belajar akan Customer Relation Management (CRM) dikala akses yang seharusnya dapat membantu konsumen malah dikenakan biaya. Nilainya mungkin tidak seberapa, tapi rasa kesal disebabkan tidak bisa beraktivitas akibat jaringan data buruk rasa-rasanya tidak ridho untuk membayarnya.

Singkat kata, pada siang harinya Penulis melaporkan masalah yang dihadapi kepada pihak Call Center Indosat dan dibuatkan laporan untuk segera ditindaklanjuti. Sekitar jam 4 sore jaringan kembali normal sediakala tanpa masalah, aduan Penulis tersebut dikonfirmasi pihak Indosat bahwa telah selesai.

Hanya saja menjelang waktu Maghrib, jaringan data kembali bermasalah. Walau jaringan pada perangkat tertera 4G+ dan bar status jaringan penuh namun koneksi data mengalami RTO sepanjang waktu sampai artikel ini dibuat (21/08/2020).

Pada akhirnya Penulis untuk kedua dan ketiga kalinya menghubungi pihak Call Center Indosat menanyakan apa sebenarnya masalah yang terjadi pada jaringan data mereka. Hanya saja kembali jawaban tentatif dan serba prosedural ala Call Center selalu saja yang terdengar di telinga tanpa menyelesaikan masalah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun