Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Independent Blogger

blogger harus punya dedikasi dan harga diri. bersyukur seminim apapun keadaan. umur kian bertambah, jatah hidup di dunia semakin berkurang. mati-matian manusia demi dunia, akan tetapi dunia tidak manusia bawa mati. sebanyak apapun harta manusia tidak akan mencukupi hidup yang singkat ini.

Selanjutnya

Tutup

Mikro

Membangun Jiwa Entrepreneurship Bersama Rumah Pangan Kita

17 Mei 2018   07:35 Diperbarui: 17 Mei 2018   07:38 286 1 0
Membangun Jiwa Entrepreneurship Bersama Rumah Pangan Kita
Beragam produk Rumah Pangan Kita. (Sumber : dokpri)

Apakah anda berniat membuka usaha? Apakah anda ragu dikarenakan modal usaha yang anda miliki terbatas? Apakah anda belum pernah mendengar istilah RPK? Jika jawaban kesemuanya ya maka anda sudah tepat membaca artikel ini.

Sekilas mengenai RPK merupakan singkatan dari Rumah Pangan Kita, salah satu dari sekian produk program komersialisasi Perum Bulog (Badan Urusan Logistik) dimana bertujuan menciptakan entrepreneurship handal berlandaskan pada ekonomi kerakyatan dengan cara menyediakan produk pangan "murah dan sehat" kepada masyarakat sebagaimana apa yang telah diinformasikan melalui kegiatan Kompasiana Kopiwriting bersama Bulog dengan tema "Mengupas Strategi Bulog Perkuat Sektor Komersial" yang dilaksanakan di Kanawa Coffee, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Turut hadir sebagai narasumber, antara lain Bapak Tri Wahyudi Saleh Direktur Komersial Perum Bulog, Ibu Siti Kuwati Sekretaris Perusahaan Perum Bulog, dan Ibu Febby Novita Head of Direct Sales Division Perum Bulog. 

Dalam acara yang berlangsung penuh suka cita, kami para blogger diberikan beragam informasi bermanfaat dan berkesempatan untuk tanya jawab kepada narasumber seputar Rumah Pangan Kita yang begitu potensial dan dapat dikembangkan sebagai moda kewirausahaan bagi masyarakat ekonomi golongan rendah maupun menengah.

Tentu ini menjadi kabar baik dimana di satu sisi membuka peluang usaha bagi masyarakat selaku individu, di lain pihak memberikan pula akses kemudahan bagi masyarakat selaku konsumen untuk mendapatkan produk pangan yang berkualitas dengan harga bersaing. 

Di sisi lain dengan hadirnya RPK maka stabilisasi harga produk pangan di pasaran dapat dengan mudah terpantau, oknum-oknum yang bermain ruang geraknya dapat dibatasi dikarenakan RPK menjual komoditi sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan.

Lantas seperti apakah wujud dari RPK? Wujud dari RPK selayaknya sebuah ritel yang menjual beranekaragam produk pangan maupun turunannya. Namun berbeda dengan ritel pada umumnya yang membutuhkan space yang luas, RPK hanya membutuhkan space secukupnya sebagai tempat untuk menjajakan produk. 

Oleh karena itu mengapa usaha ini cocok sekali dalam lingkup rumahan maupun mereka para ibu rumah tangga. Selain mudah di monitor, para SAHABAT RPK dapat pula melakukan aktivitas kesehariannya.

Contoh-contoh RPK yang telah hadir di masyarakat. (Sumber : IG @rpk_bulog)
Contoh-contoh RPK yang telah hadir di masyarakat. (Sumber : IG @rpk_bulog)

Apa saja produk-produk yang ditawarkan oleh RPK? Mengacu kepada produk pangan maka para agen RPK dapat menjual beranekaragam produk mencakup ManisKita (gula pasir) ukuran 1Kg, BerasKita ukuran 5Kg, MinyakGorengKita ukuran 1L, TepungTeriguKita ukuran 1Kg, dan sebagainya. Produk-produk ini terjamin kualitasnya, higienis, serta dibanderol dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat. 

Sebagaimana produk-produk tersebut merupakan konsumsi utama masyarakat maka dapat diasumsikan betapa besar potensial model bisnis ini untuk berkembang dan para SAHABAT RPK tidak perlu khawatir akan proses bisnisnya dikarenakan secara seksama dipandu langsung oleh Perum Bulog.

Berbicara prihal bisnis tentu tak elok bilamana tak membicarakan benefit, keuntungan-keuntungan apa saja yang masyarakat dapatkan ketika mereka menjadi SAHABAT RPK?

1. Gratis pendaftaran.

2. Modal sangat ringan.

3. Gratis biaya pengiriman (untuk pemesanan pertama dan repeated order dengan jumlah tertentu).

4. Gratis spanduk dan banner.

5. Kualitas dan harga produk terbaik.

6. RPK diberi hak untuk memasarkan produk Operasi Pasar dan melayani Voucher Pangan.

7. Konsultasi terhadap cara pengembangan bisnis komoditi outlet SAHABAT RPK.

Lalu syarat-syarat apa saja untuk menjadi SAHABAT RPK? Bagi masyarakat yang ingin menjadi SAHABAT RPK maka syarat-syarat yang diperlukan sangatlah mudah, diantaranya :

1. Mengisi formulir permohonan RPK.

2. Memiliki tempat untuk outlet penjualan.

3. Fotocopy KTP/SIM

4. Surat Keterangan Domisili dari RT/RW/Kelurahan.

5. Melakukan pembelian awal komoditas.

Tekstur BerasKita Premium. (Sumber : Dokpri)
Tekstur BerasKita Premium. (Sumber : Dokpri)

Seperti pepatah "tak kenal maka tak sayang", alangkah kurang afdolnya apabila tidak mencari tahu sebagaimana kualitas dari produk pangan RPK. Sekilas uji coba produk pangan RPK yaitu BerasKita Premium ukuran 5Kg dimana di pasaran produk ini dijual dengan harga Rp.63.000,- s.d Rp.65.000,-.

Secara pengemasan produk sudah baik, konsumen dapat dengan jelas melihat logo BerasKita Premium pada posisi tengah, logo BUMN pada sisi kanan atas, beserta ukuran berat bersih di posisi kanan bawah dibalut dengan warna kombinasi orange dan hijau pada kemasan. Tak lupa pula acuan HET menurut wilayah tertera pada sebelah kiri logo BerasKita.

Untuk kualitas beras BerasKita Premium, tekstur berasnya berdimensi kecil-kecil utuh tidak pecah dengan kontras warna putih sedikit gelap. Setelah ditanak, kontur beras menjadi cukup padat, kenyal apabila ditekan layaknya beras ketan, dan begitu pulen. Ini menggambarkan kualitas BerasKita Premium sangat baik dan layak menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

Sampai disini apakah anda sudah bulat berkeinginan menjadi SAHABAT RPK? Apabila anda berminat maka kesempatan anda untuk bergabung menjadi SAHABAT RPK sangat besar, dalam hal ini sebagaimana informasi dari Perum Bulog sampaikan bahwa mereka menargetkan 100 ribu unit SAHABAT RPK di seluruh wilayah Indonesia  dari 39 ribu unit yang telah terjalin. Maka tunggu apalagi, segeralah mendaftar untuk menjadi SAHABAT RPK.

Sebagai informasi tambahan anda dapat mengakses seputar RPK melalui kanal media sosial mereka, seperti Facebook : Rumah Pangan Kita, Twitter : @rumahpangankita, Instagram : @rpk_bulog dan apabila anda bergabung maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan mudah via online di www.bulog.co.id - Daftar RPK. Dengan Rumah Pangan Kita maka perekonomian rakyat terbantukan, stabilitas harga pangan dapat terjaga, dan masyarakat mendapatkan produk pangan berkualitas dengan mudah, murah, serta bersih.