Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Independent Blogger

blogger harus punya dedikasi dan harga diri. bersyukur seminim apapun keadaan. umur kian bertambah, jatah hidup di dunia semakin berkurang. mati-matian manusia demi dunia, akan tetapi dunia tidak manusia bawa mati. sebanyak apapun harta manusia tidak akan mencukupi hidup yang singkat ini.

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

MIPOP "Seseruan" ala Xiaomi

8 Mei 2018   08:44 Diperbarui: 8 Mei 2018   09:44 549 1 0
MIPOP "Seseruan" ala Xiaomi
Mifans Performance. (dokpri)

Sabtu 5 Mei 2018, Xiaomi Indonesia mengadakan sebuah acara bertajuk "MIPOP" yang dilaksanakan di Hotel The Crowne Plaza, Jakarta. Dilandasi rasa penasaran seperti apa acara dimaksud, dalam kesempatan ini Penulis beruntung dapat ikutserta (dari 350 orang) dimana sebelumnya turut mendaftarkan diri melalui forum Mi Community.

Hari Sabtu sebagaimana aktivitas perkantoran umumnya pada libur, perjalanan menuju lokasi acara tak menemui kendala. Penulis hadir 15 menit sebelum waktu yang dijadwalkan yaitu jam 13.00. 

Sesampainya disana, nampak beberapa peserta MIPOP sedang mengantri untuk proses registrasi. Setelah proses registrasi selesai dan menerima kaos serta goody bag (berisikan hand clap, sticker Mifans, kalung name tag Mifans, dan pin MIPOP), peserta kemudian diperintahkan oleh panitia acara untuk mengganti pakaian dengan kaos yang telah diberikan dan memasang sticker nama pribadi pada kaos.

Keramaian sebelum acara MIPOP berlangsung. (dokpri)
Keramaian sebelum acara MIPOP berlangsung. (dokpri)
Seperti apa yang Penulis prediksi diawal, antusiasme para Mifans (istilah bagi penggemar produk Xiaomi) sangatlah tinggi. Nampak beberapa komunitas Xiaomi hadir dalam acara MIPOP, seperti Mifans Jakarta, Bekasi, Tasikmalaya, Klaten, dan sebagainya. 

Keriuhan pun tak terhindarkan seperti mengingatkan Penulis ketika acara launching produk ponsel terbaru Xiaomi. Lokasi tempat kami menunggu sambil mencicipi hidangan yang disediakan sebelum acara berlangsung nampak sesak dipenuhi peserta, sampai-sampai pendingin ruangan hotel tak lagi terasa.

Para Mifans mulai memasuki lokasi acara utama berlangsung. (dokpri)
Para Mifans mulai memasuki lokasi acara utama berlangsung. (dokpri)
Menjelang jam 14.00, panitia memperbolehkan peserta untuk memasuki area utama tempat acara berlangsung. Sebuah hall besar dimana terpampang stage panggung skala sedang (seperti panggung acara pernikahan) berikut dua layar besar serta deretan tempat duduk bagi para peserta MIPOP. Satu persatu peserta mulai memasuki ruang utama, seketika ruangan tersebut penuh dan kembali riuh. Penulis memandang sekitar bahwa tak sedikit peserta yang memilih berdiri di sisi ruangan, entah apakah karena tak kebagian tempat duduk atau memang sengaja ingin berdiri.

Sesaat sebelum acara MIPOP dimulai. (dokpri)
Sesaat sebelum acara MIPOP dimulai. (dokpri)
Sekilas tak banyak yang Penulis dapat ceritakan prihal bagaimana acara MIPOP berlangsung. Acara yang digadang-gadang baru pertama kali diadakan Xiaomi di Indonesia Penulis ibaratkan layaknya acara jambore Mifans dimana mengumpulkan beberapa komunitas Xiaomi dalam rangkaian kegiatan.


Fokus acara MIPOP yang memakan waktu kurang lebih 1,5 jam lebih kepada "seseruan" tanpa kejelasan maksud dan tujuan. Peserta yang datang hanya disuguhkan dua performance dari Mifans yang masing membawakan sebuah tembang lagu, beberapa selingan games, dan selebihnya lucky draw bagi-bagi hadiah dari ear phone, powerbank, sampai pada grand prize Redmi Note 5.


Tak sama sekali Penulis menikmati acara berlangsung, keriuhan para Mifans dalam hall sangat over bahkan sulit berkomunikasi dengan Mifans yang duduk disebelah. Dan mungkin yang Penulis sedikit miris, ada beberapa Mifans yang kurang elok menempatkan diri dan seperti menjadikan MIPOP acara kurang berkelas dimana prilaku dan gaya bahasa keseharian dibawa-bawa.

Pengundian Lucky Draw. (dokpri)
Pengundian Lucky Draw. (dokpri)
Mungkin hal ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi Xiaomi Indonesia untuk lebih fokus ketika merencanakan sebuah acara. Antusiasme tinggi para Mifans memang patut diancungi jempol, akan tetapi jangan terlampau fanatisme apabila tempat acara berlangsung berkarakter formal. Kemudian menghadirkan banyak perserta maupun komunitas memang mengundang keramaian, namun konsekuensinya membuat para peserta sulit untuk diatur bahkan menjadikan acara kurang nyaman.

Apabila MIPOP hanya berfokus kepada lucky draw bagi-bagi hadiah saja, maka menurut pandangan Penulis  mungkin momentum tersebut lebih rutin diadakan pada forum Mifans Community maupun media sosial yang Xiaomi Indonesia kelola sebagai upaya Xiaomi menjalin komunikasi berkesinambungan dengan para Mifans maupun konsumen.

Sebagaimana direncanakan MIPOP berikutnya akan dilaksanakan di Jogjakarta maka Penulis sarankan coba telaah kembali seperti apa kegiatan MIPOP yang pernah beberapa kali diadakan di negara-negara lain atau gunakan jasa event organizer agar acara dapat berjalan dengan baik, terkendali, atraktif, meriah, dan menghibur. Demikian artikel Penulis, mohon maaf bilamana ada kekurangan dikarenakan kekurangan milik Penulis pribadi. Terima kasih.