Mohon tunggu...
Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

blogger harus punya dedikasi dan harga diri. bersyukur seminim apapun keadaan. umur kian bertambah, jatah hidup di dunia semakin berkurang. mati-matian manusia demi dunia, akan tetapi dunia tidak manusia bawa mati. sebanyak apapun harta manusia tidak akan mencukupi hidup yang singkat ini.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Taman Safari Prigen, Wujud Nyata Peduli Terhadap Lingkungan

5 Februari 2016   21:50 Diperbarui: 10 Februari 2016   18:40 113 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apa yang orang akan lakukan ketika liburan panjang tiba? Umumnya dari jauh-jauh hari mereka merencanakan destinasi wisata yang ingin dikunjungi guna mengisi liburan panjang, ada yang cukup berwisata di dalam kota saja maupun ada pula mereka yang memilih berwisata ke luar kota. Destinasi tujuan wisata yang digemari oleh banyak kalangan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga, saudara ataupun kerabat antara lain wisata alam (pantai, perkebunan, pegunungan), mengunjungi cagar budaya,  dan cagar alam seperti kebun binatang. Apabila anda sedang berencana mengisi liburan panjang maka kiranya anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke tempat wisata di Jawa Timur yaitu Taman Safari Prigen.

Taman Safari Indonesia II Prigen terletak di wilayah Desa Jatiarjo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Dengan luas kawasan mencapai ± 350 hektar, Taman Safari Prigen merupakan taman terbesar yang dikelola oleh Taman Safari Indonesia dengan koleksi satwa terbanyak (≥ 3000 satwa) dari 200 spesies berasal dari berbagai belahan dunia diantaranya Afrika, Amerika, Australia, India, dan juga Indonesia. Di Taman Safari Prigen para pengunjung selain dapat melihat aneka macam satwa namun juga dapat berinteraksi langsung dan berpetualang bersama mengamati aktivitas satwa, hal ini merupakan bagian dari Safari Adventure yang diperuntukkan agar memberikan pengalaman rekreasi yang berbeda.

Tidak hanya Safari Adventure, para pengunjung dapat pula menikmati fasilitas rekreasi yang telah disediakan seperti Baby Zoo, area permainan (Roller Coaster, Bom Bom Boat, sepeda layang), atraksi pertunjukan (Elephant Story, Dolphin & Friends, Jungle Boy), Dolphin Bay, Safari Aquatic Land, Elephant Tracking, Safari Water World, dan masih banyak fasilitas menarik lainnya. Kemudian para pengunjung dapat pula menikmati santapan hidangan di aneka restoran yang tersedia serta berbelanja cindramata di Safari Wonder. Beberapa event tahunan pun dipersiapkan pengelola Taman Safari Prigen guna menarik minat pengunjung, seperti yang mereka adakan di pertengahan hingga akhir tahun 2015 lalu antara lain Safari Run 5K, Safari Rally 2015, Animal Lovers party Pets, Safari Wild Cycling 2015, dan Safari Akik Fest 2015.

Dibalik apa yang Taman Safari Prigen tawarkan, taman konservasi ini tidak serta merta melupakan peran-nya dalam bentuk kepedulian terhadap lingkungan khususnya aneka satwa liar. Mereka bekerjasama dengan berbagai intitusi-intitusi di seluruh dunia dalam upaya melindungi dan melestarikan spesies-spesies langka yang habitatnya kian hari kian berkurang. Didukung oleh tenaga para ahli dan profesional syarat pengalaman serta sarana prasarana yang memadai, Taman Safari Prigen turut serta dalam kampanye dan penyuluhan yang bertujuan guna mengedukasi masyarakat.

Hal ini kiranya penting dan krusial bahwa satwa sebagai bagian dari ekosistem juga memiliki peranan selain keberadaan manusia, baik manusia dan satwa sebenarnya dapat hidup berdampingan tanpa satu sama lain merasa terancam. Seringkali kita jumpai banyak terjadi peristiwa dimana kedua belah pihak terlibat konflik, manusia sebagai mahluk yang lebih superior merasa satwa sebagai ancaman bagi kehidupannya akan tetapi bilamana kita telusuri lebih dalam apa yang membuat satwa bertindak disebabkan lingkungan habitatnya semakin terhimpit oleh keberadaan manusia yang mengeksploitasi alam secara berlebih tanpa memikirkan dampak jangka panjangnya.

Keberadaan taman konservasi seperti Taman Safari Prigen jelas mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia. Tidak sekedar menghadirkan wahana rekreasi semata tetapi berfungsi sebagai tempat pelestarian aneka satwa serta wahana edukasi guna memberikan informasi kepada masyarakat agar peduli terhadap lingkungan, oleh karena itu mari kita dukung bersama keberadaannya. Indonesia sebagai negeri yang kaya akan sumber daya alamnya patut kita syukuri, namun kekayaaan hayati yang negeri ini miliki tidaklah cukup hanya dengan rasa syukur bahwa kita sebagai manusia pun perlu ikut andil melindungi dan melestarikannya sebagai harta yang tak ternilai yang dapat kita wariskan bagi generasi berikutnya.

---

Sumber gambar : gosumatra

Instagram : tamansafari2

Twitter : @tamansafari2 - @safariprigen

Fanbook : Taman Safari Indonesia II - Taman Safari Prigen

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan