Mohon tunggu...
Sansan Hastuti Ningrum
Sansan Hastuti Ningrum Mohon Tunggu... S1 Pendidikan Biologi UM

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan, Science Entrepreneurship Laksanakan Business Plan Challenge 2020

20 Oktober 2020   15:27 Diperbarui: 20 Oktober 2020   15:37 34 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan, Science Entrepreneurship Laksanakan Business Plan Challenge 2020
Keterangan Gambar: Sambutan dari Wakil Dekan III FMIPA UM

Science Entrepreneurship (SE) FMIPA Universitas Negeri Malang telah melaksanakan  Business Plan Challange (BPC) atau Lomba Ide Bisnis yang bertema "Brave Your Steps to be a Young Creative Entrepreneur". Kegiatan ini dilaksanakan secara online dan dilaksanakan selama dua hari yaitu hari Sabtu pada tanggal 10 Oktober 2020 dan 17 Oktober 2020.

Tujuan dari dilaksanakannya acara ini adalah untuk menumbuhkan ide-ide baru dan memotivasi mahasiswa khususnya mahasiswa FMIPA UM untuk berpikir kreatif dalam berwirausaha. Kegiatan pada hari pertama tanggal 10 Oktober 2020 berupa talkshow seputar kewirausahaan dengan mengundang 2 pemateri. Kegiatan ini dilaksakanan melalui media video konferensi (google meet).

Acara dimulai pada pukul 09.30 WIB. Acara diawali dengan pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua Umum SE, Presiden Mahasiswa FMIPA UM, dan Wakil Dekan III FMIPA UM. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari pemateri pertama yaitu Happy Jessica Putri Wandani dan dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Ari Gunawan. Diakhir acara panitia membagikan BMC(Business Model Canvas yang selanjutnya diisi oleh peserta lomba dan akan dinilai oleh juri-juri yang telah ditentukan. 

Pada tanggal 17 Oktober 2020 kegiatan berupa presentasi dari lima kelompok yang telah dipilih pada hari sebelumnya. Setelah mempresentasikan ide produknya, setiap tim diberi waktu untuk melakukan sesi tanya jawab dengan para juri. Juri pada BPC kali ini adalah Agung Witjoro,S.Pd.,M.Kes selaku Pendamping Science Entrepreneurship,   Fadhil Fathurochman selaku Presiden Mahasiswa FMIPA UM, dan Annisa Fajrina selaku Ketua Umum SE 2020.

Lomba ini diikuti oleh 84 orang yang terbagi menjadi 28 kelompok dimana 1 kelompok terdiri dari 3 orang.  Semua peserta lomba merupakan mahasiswa mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Malang. Seluruh peserta yang mengikuti lomba mendapatkan sertifikat dan lima ide terbaik mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan.

Diakhir acara Dr. Sentot Kusairi, S.Pd., M.Si., selaku Wakil Dekan III FMIPA UM, menyampaikan harapannya bagi peserta lomba agar bisa mengembangkan idenya menjadi suatu produk yang bisa dipasarkan. Ide-ide tersebut juga bisa dikembangkan kembali untuk selanjutnya diikutkan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa).

Penulis: Fani Alfiana Rosyidah

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x