Mohon tunggu...
Saniyah El Ismah
Saniyah El Ismah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kelompok 9 PDB A-42 Rumuskan Upaya untuk Meningkatkan Kesadaran Nilai Bela Negara sebagai Perwujudan SDGs Pendidikan Berkualitas dan Bakti kepada Universitas Airlangga

28 November 2022   08:50 Diperbarui: 28 November 2022   08:56 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam rangka memenuhi Projek Mata Kuliah Wajib Umum Kelompok 9 PDB Kelas A-42 melakukan penelitian sederhana terkait kesadaran nilai bela negara pada kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA). Kegiatan ini dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Surabaya yang merupakan sekolah salah satu dari anggota kelompok kami pada Rabu (12/10/2022).

Saat ini tatanan dunia sudah memasuki era globalisasi dan digitalisasi. Era globalisasi membuat dunia sudah tidak memiliki sekat pembatas antarnegara sehingga informasi dari negara lain mudah sekali kita dapatkan. Sedangkan, era digitalisasi membuat seolah-olah gawai menjadi bagian dari kehidupan manusia yang tidak dapat terpisahkan. Dari hal ini, akan timbul kecenderungan seseorang untuk bersikap individualis dan terlalu fokus menggunakan gawai. Hal ini rentan pada pelajar yang sedikit banyak akan mempengaruhi proses pembelajaran di sekolah.

Berdasarkan latar berlakang yang telah diuraikan tujuan penelitian sederhana dan wawancara di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Surabaya adalah untuk mengetahui bagaimana kesadaran pelajar terhadap nilai bela negara. Selain itu, dari hasil yang didapat, akan dirumuskan upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan atau meningkatkan nilai bela negara yang strategis dan implementatif.

Berdasarkan hasil wawancara dan kunjungan yang dilakukan, sebagian besar pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah memiliki kesadaran nilai bela negara. Hal ini terbukti dengan mengikuti pembelajaran di kelas sebagai bentuk bela negara yang dapat dilakukan oleh generasi muda penerus bangsa. Kendati demikian, tak dapat dipungkiri terdapat pelajar yang masih memiliki kesadaran rendah terhadap nilai bela negara. Masih ditemui pelajar yang saat pembelajaran di kelas bersikap acuh dan tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh Bapak/Ibu Guru. Mereka cenderung asik bermain game atau aplikasi media sosial melalui gawai yang mereka genggam.

Dengan mengetahui tingkat nilai bela negara di kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) ini, Kelompok 9 PDB Kelas A-42 merumuskan bentuk upaya untuk meningkatkan kesadaran nilai bela negara di kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal ini juga sehubungan dengan tujuan penelitian sederhana dan wawancara kami. Upaya yang kami rumuskan akan diimplementasikan melalui pembuatan video edukasi dan online campaign yang akan dilakukan di media sosial Instagram. Upaya yang kami lakukan ini juga bentuk pengimplememtasian SDGs (Sustainable Development Goals) point ke-4 mengenai quality education atau pendidikan berkualitas sebagai bentuk abdi kelompok kami terhadap Universitas Airlangga. Besar harapan kami, upaya kami melalui video edukasi dan online campaign dapat berkontribusi meningkatkan kesadaran nilai bela negara di kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sebagai generasi muda penerus bangsa, generasi emas Indonesia tahun 2045.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun