Mohon tunggu...
Gil G
Gil G Mohon Tunggu... -

Seorang seniman yang suka menulis dan peduli lingkungan, karya-karyanya manis dan imaginatif. Buatnya, hal simpel bisa jadi sesuatu yang begitu manis dan menyenangkan.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Pengalaman Mengurus Paspor dengan Kantor Imigrasi yang “Bagus” di Jakarta

22 November 2011   10:58 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:20 1447
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Setelah mengatur waktu sekian lama, akhirnya saya putuskan untuk memperpanjang passpor yang 6 bulan lagi habis masa berlakunya..baca-baca di website dan infonya sekarang semua sudah sistem online dan lebih mudah dan cepat. Wah jadi semangat nih! Minggu lalu langsung scan semua data yang diminta, mulai ktp,passpor lama,ijazah,KK,akta lahir,hingga buku nikah, dll (tergantung jenis aplikasi yang dibutuhkan)..5 tahun lalu saya buat passpor di kantor imigrasi di Jakarta selatan juga. Saat itu seingat saya bangunannya tua dan ruangannya berantakan penuh orang dan asap rokok. Dan saya ingat karena ngantri harus datang pagi2.

Setelah mencoba 3 kali gagal memasukkan data secara online, akhirnya saya berhasil dan mendapatkan bukti telah aplikasi secara online. Buktinya itu harus di print dan dibawa saat kita ke kantor imigrasi. Di bukti tersebut tertulis, datang pada jam yang ditentukan untuk foto dan wawancara saya dapat jam 8-11, dan kalau tidak datang sesuai waktu yang ditentukan, aplikasi kita dianggap batal dan harus ulang. Yang ada dibenak saya berarti saya sudah menghemat waktu mengantri dalam memasukkan formulir, berarti tinggal datang, foto, wawancara, jadi deh! Dengan waktu itu kupikir pasti khusus bhuat kedatanganku.

Saya pilih hari selasa ini pagi2 sekali berangkat, supaya gak ngantri. Karena senin kemarin masih ada kerjaan dan harus ke RS cek kehamilan saya. Berangkat dari rumah di kawasan Bintaro jam 6 pagi..kena macet juga ternyata.. sampai di kantor imigrasi jam 7 kurang.. WAH pangling lihat bangunannya yang baru dan megah..ber ac, lift dan TV flat besar2, bahkan ada akuarium laut. Semuanya baru..saya jajan dulu diluar..setelah masuk kedalam,saya tanya orang dan disuruh ke lantai 2. Saat itu belum ada pekerja kantornya, mereka baru mau apel pagi di lapangan. Dan di lantai 2 ternyata orang2 sudah duduk rapi banyak sekali.. wah wah ternyata saya bukan yang paling pagi..

Lalu saya tanya orang, katanya disuruh beli map kuning dan formulir, lalu saya ke koperasi dan bertanya “Pak saya sudah online, harus beli map lagi? Dan harus isi formulir lagi?”, si bapak menjawab”oh kalau online gak usah beli formulir, beli mapnya saja 5000rupiah”..dalam hati saya bertanya, kalau sudah online, ngapain beli map lagi? Kan data saya sudah upload semua.. lalu amplop tersebut saya tulis nama dan orang2 lain menyuruh saya menyimpannya di atas meja bersamaan dengan map2 yang sudah bertumpuk.

Saya tumpuk disitu dan menunggu.. saya bingung kok ada mesin nomor antrian tapi tidak difungsikan ya?? Akhirnya jam 8 teng, ada bapak2 imigrasi yang mengucapkan salam dan memberitahukan tentang apa yang harus dilakukan. Dia panggil satu persatu namanya lalu dibagikan nomor antrian. Yang online dan yang baru isi formulir dipisahkan loketnya..yang online loket 1-5 dan sisanya yang pakai formulir. Saya dapat nomor antrian no online dibawah 10 yang cukup cepat..dalam hati “bisa langsung foto dan wawancara nih” senang.

Setelah menunggu sekitar 20menit, nomor saya dipanggil..lalu saya ke loket membawa dokumen asli untuk diperlihatkan, tahunya semua dokumen asli harus menyertakan Fotokopinya juga..weleh..kalau gitu ngapain saya cape2 upload scan semua dokumen?,,pikir saya..

setelah itu saya diberi kertas bukti dan disuruh menunggu 40 menit untuk dikasih kertas lainnya untuk bayar, ditempat pembayaran orang2 malah mencobloskan kertas yang berupa bukti penyerahan dokumen, bukan kertas untuk bayar. Kata mas2 kasirnya”kertas yang itu juga gapapa,gausah yang untuk kasir” lalu saya langsung cobloskan antrian kertas saya dan menunggu dipanggil kasir..lalu orang2 beramai2 mencabut kertas antrian mereka dan katanya harus tunggu dipanggil loket, lalu saya cabut lagi deh kertas itu.. Sekitar 40 menit kemudian loket yang sebelumnya memanggil saya dan memberikan kertas untuk ke kasir..barulah kertas itu saya coblos di kasir menunggu antrian. Suasana kantor yang ber AC itupun mulai seperti pasar.. ramai dan penuh sesak.. tidak ada kursi cukup buat semua orang. Ada yang kebingungan, ada yang marah2, eh ada pula ibu2 yang bongkar2 kertas antrian dan tidak menaruhnya teratur kembali..kita yang sudah datang dari pagi hanya bisa duduk menunggu nama kita dipanggil oleh kasir yang hanya ada SATU BUAH SAJA..

Semua orang bertanya2 “mau bayar saja,kok lama sekali ya?” ternyata semua dokumen yang tadi sudah masuk harus dikumpulkan lagi oleh mas2 kasir dan setelah bayar buktinya ditempel di map tersebut, jadilah ruangan kasir yang sempit itu penuh dengan map2 yang berceceran atas bawah, tak tentu siapa yang antriannya lebih dulu..dia pusing cari nama yang sesuai nomor antrian dengan nama di map2 yang bertumpuk. Dalam hati “wah, alamat lama nih..gak profesional!” akhirnya kusuruh adikku yang mengantarku pulang kerumah saja, itu sudah hampir jam 10.. namaku masih blum juga dipanggil..padahal tadi pagi aku maju ke loket awal sekali.dan kupikir yang online akan didahulukan.

Aku masih menunggu..sampai akhirnya mengobrol dengan ibu2 di kanan dan kiri yang ada didepan dan kiriku ternyata sudah mengurus dari minggu lalu, sudah online juga dan mereka diminta datang untuk bayar hari ini..tapi sampai sekarangpun belum dipanggil..”waduhh gawat nih, kapan difotonya kalau begitu..kacau kalau saya harus balik lagi naik taxi, mahal pula”.. dari semangat, sekarang jadi kesal..ngapain itu kasir lama banget sih! Lalu ada kakek tua yang sudah datang dari jam 5.30 pagi..dia marah2 karena merasa orang lain menyerobot dia..eh, ternyata eh ternyata.. online sih online tapi itu semua orang berkerumun dikasir adalah CALO alias agen.. waduuh.. pantesan aja lama bgini.. kita yang datang pagipun diserobot sama mereka kali ya? Soalnya lama skaliii... akhirnya nama saya dipanggil, itu hampir jam 12 siang..ya ampun, saya nunggu 4jam baru bisa bayar.. saya bilang sama kasirnya “Pak, saya sudah nunggu 4 jam Cuma buat bayar doang!!, kalo gitu apa gunanya online2an, buang2 waktu saja! Keburu anak saya brojol disini pak!” lalu si bapak2 menjawab”Baguskan bu, baru nunggu 4 jam, belum 5 jam” dengan wajahnya yang menyebalkan dan betul2 cari gara2..saya jadi kesal.. saya jalan berjalan kembali ke kursi ibu2 yg nunggu dan saya bilang sama mereka apa yang si bapak itu bilang, ibu2 pun tambah mendumel dan kesal. Ada yang izin kerja, ada yang anaknya harus sekolah ada yang bawa bayi nangis2.. pokoknya ramelah..parahnya ada yang dokumennya hilang didalam dan bapak2 kasirnya nanya sama orang itu mana dokumennya? “sudah jelas2 itu dokumennya ada didalam kantor mereka!” dasar aneh..banyak yang kasusnya bgitu..

Saya dapat nomor antrian untuk foto tepat saat jam makan siang dimulai, jadi ruang foto sudah ditutup..saya turun makan dan minum lalu langsung kembali keatas agar dapat kursi menunggu. Jam 1siang loket foto dibuka dan mulai memanggil nomor, mulai nomor 90an..Ternyata saya masih harus menunggu lagi, nomor saya sekitar 130an, ada ibu2 yang lebih dulu dari saya malah dapat nomor 160an, ada pula yang 180 an.. kacau sekali ya? Bukan antrian lagi yang diutamakan.. tapi untung2an dan kalau mau benar2 untung harus pake calo. Kita sudah desprerado, kayaknya harus balik lagi besok nih..tapi nomor antrian yg dipanggil tak jelas, ada A,B,C atau tau2 T.. akhirnya giliran saya sekitar jam 4kurang..ya ampuun.. setelah masuk ruang foto saya ngantri lagi! Lalu foto dan cap sidik jari yang hanya 1menit, lalu tunggu lagi untuk wawancara, sekitar 20 menit jeda menunggu dipanggil. Akhirnya selesai sudah semua, saya tanya sama mba2 wawancara”mbak,kalau mau cepat saya harus pakai calo ya??saya disini sudah dari jam 7 pagi mbak!mana hamil gini” lalu mbak2 itu menjawab”hah calo? Saya gak tahu tuh bu.. gak ada calo2an kok!” , lalu saya bilang “trus itu siapa semua orang yang ngantri2 maksa itu banyak banget ngasih2 nomor2 selain A” mbaknya menjawab”oh itu agen resmi dari kanwil”. Lalu saya bilang”wah kalau gitu lain kali saya pake mereka deh mbak punya rekomend yang bagus gak? Atau saya langsung sama mbak aja bisa? Biar cepat.kalo perlu saya bayar lebih tapi selesaikan jgn seminggu” mbaknya jawab”wah gak bisa bu, kalau mau harus dari awal”.paspor ibu selesai sekitar semingguanlah..katanya lalu ditanya alasan buat paspor mau kemana saya bilang”sebenarnya saya buru2 karena mau melahirkan diluarnegeri, suami saya kerja disana,kalau telat seminggu saja saya gak boleh lagi naik pesawat krn udah mau 7 bulan” kalau bukan betul2 butuh dan terpaksa juga saya malas beurusan dengan kantor administrasi beginian mbak..

Yasudahlah..kupikir yang penting urusanku sudah beres-res walaupun harus seharian kurelakan mengantri di kantor imigrasi dri belum buka sampai mau tutup..gmn nasib ratusan orang didalam sana yg msh nunggu yaaa..parah..

kupikir..nanti ngambilnya gakusah buru2 ah,,takutnya belom beres! Gak usah melahirkan dgn suami..drpd saya stress ngurus visanya..

Kasihannya Ada yg tadi datang malah blom beres.. ada juga yang langsung datang difoto dan jadi..

Ternyata aparat negara ini belum siap untuk berbenah diri.. saya juga tahu, para calo butuh pekerjaan.. namun bukan bgitu caranya, seharusnya mereka diloketkan berbeda dan jangan menyerobot2 nomor antrian orang biasa..tipe nomor antrian ABC ayng seharusnya membedakan jenis apply passpor baru/perpanjang/dinas dll malah disalahgunakan.. nomor B dan C buat orang2 yang bayar agen dan dipanggil lebih dulu dari nomor A.. para warga yang patuh dengan aturan, dan mengantri..ikut online dan datang sesuai jam yg diminta.

Jujur saya kecewa..sangat kecewa.. korup kok bangga dan terang2an! Membuat iri dan kesal orang2 yang ikut peraturan..katanya administrasi bangsa ini sedang diperbaiki.. saya tanya administrasinya yang diperbaiki apa Cuma gedung dan fasilitasnya saja???

Mungkin memang belum siap, negara indonesia menjadi negara maju yang mengutamakan waktu dan membuat semuanya lebih efisien.

Pesan saya, bagi yang mau buat paspor/perpanjang, kalau punya uang lebih lebih baik pakai calo saja..bayar 600-900rb hasilnya jadi lebih cepat dan kalau datang langsung difoto.. gakusah ngantri2 bayar kayak saya yang Cuma bayar 255rb.. sambil berjalan pulang saya minta nomor telpon salah satu calo dan bertanya, oh kalo 1 hari 800-900rb bu katanya.. wah pak lainkali saya telpon bapak deh.. daripada saya harus ngorbanin bikin capek hati dan badan begini..kasian bayi saya..

Menurut saya lebih baik di loket disebutkan,langsung bayar tarif berbeda2 sesuai kebutuhan kita dan kocek..dan prosesnya dipercepat..daripada kita dicampur aduk sama orang2 ber Calo yang menyerobot! Bikin kesal saja..saya rasa orang2 jg gak keberatan bayar mahal, asal semuanya teratur dan jelas bukannya uang kita masuk kantong calo atau admin yang curang..

atau mungkin banyak yang menyarankan pada saya, bikin paspor diluar kota atau kantor imigrasi yang lain ,lebih murah dan cepat.. tapi ada jg yang bilang kantor imigrasi yang paling BAGUS ya yang selatan ini.. gatau deh mana yang betul.. buat saya gak efisien dan mereka butuh orang2 IT yang canggih biar komputernya gak sia2!

Semoga tulisan ini jadi bahan pembelajaran dan bagi yang mau apply, datanglah pagi2..atau anda harus bolak-ik demi menyelesaikan passpor anda. Dan SABAR! Bawa bekal makanan dan minuman, biar bs menunggu santai, bawa majalah atau buku sekalian.

Mohon tunggu...

Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun