Mohon tunggu...
Muhammad Yunus
Muhammad Yunus Mohon Tunggu... Kemandirian Pilar Dalam Kebersamaan Saling Berpadu

Penggiat Ekonomi Syariah terapan, dan Pertanian Organik Terpadu berbasis Bioteknologi. Sehat Manusia, Sehat Pangan, Sehat Binatang, Sehat Tanah, Air dan Udara.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Ekonomi Syariah Bermetamorfosis ke Ekonomi Miraj?

8 Oktober 2018   16:39 Diperbarui: 10 Oktober 2018   14:00 522 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ekonomi Syariah Bermetamorfosis ke Ekonomi Miraj?
Presiden SBY meresmikan Gerakan Ekonomi Syariah. dan Jokowi selaku Gubernur DKI Jakarta (dokpri)

Momentum pergerakan ekonomi syariah (ekonomi Islam) di Indonesia secara kelembagaan di republik Indonesia dimulai dengan berdirinya Bank Muamalat atas inisiasi Majelis Ulama Indonesia. Kemudian disempurnakan lewat Undang Undang No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah periode Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Perbankan syariah adalah bagian dari ekonomi syariah. Kemudian lahir UU No. 1 Tahun 2013 tentang lembaga keuangan mikro yang di dalamnya termasuk keuangan mikro syariah, baik Baitul Maal Wat Tamwil, maupun Koperasi Jasa Keuangan Syariah.

Ilmu ekonomi syariah adalah bagian tidak terpisahkan dalam bidang mu'amalat yang mencakup bisnis, perdagangan,  investasi, zakat, infak, sedekah, wakaf, pajak, hibah dan hadiah. Sedangkan disiplin ilmu fiqih terdapat bab mu'amalah yang mengatur perjanjian sesuai dengan kaidah syariah.

Momentum deklarasi Gerakan Ekonomi Syariah (Gres!) yang di resmikan oleh SBY selaku Presiden Republik Indonesia. Juga diiukuti dengan perkembangan sistem investasi syariah dengan produk sukuk atau obligasi syariah. Sedangkan dalam struktur pembiayaan proyek pembangunan lewat APBN ada Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) bagian dari jawaban mengurangi Surat Utang Negara yang menggunakan skema riba dan turunannya.

Geliat ekonomi syariah muncul dengan perkembangan Fakultas Ekonomi & Bisnis Syariah/Islam di Universitas Islam Negeri dan STIE, sebagai institusi yang mempersiapkan Sumber daya insani yang menjadi pelaku dari ekonomi syariah di Indonesia. 

Perkembangan industri keuangan dan perbankan syariah melahirkan banyak produk, diantaranya asuransi berbasis syariah, obligasi berbasis syariah, pembiayaan industri berbasis syariah dan beberapa aplikasi sistem ekonomi syariah di Indonesia. Baik pada tataran makro ekonomi maupun mikro ekonomi

Sumber:sharianews.com
Sumber:sharianews.com
Pemerintahan negara berganti dengan pergantian Presiden Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla. Pergerakan ekonomi syariah dan kebijakan ekonomi syariah yang diadopsi oleh negara tidak signifikan. SBSN tidak lagi menjadi bagian dari pembangunan proyek infrastruktur negara. Malah dana haji di investasikan untuk infrastruktur jalan tol. 

Beberapa perkembangan sedikit mengembirakan-tidak seperti pemerintahan era SBY- yang terus bergerak adalah tumbuhnya perbankan syariah yang diadopsi berdasarkan UU Perbankan Syariah. 

Baik yang menjadi perbankan syariah sebagai Unit Usaha Syariah atau Badan Usaha Syariah. Seperti Bank Mandiri Syariah, BNI Syariah, BRI Syariah, BTPN Syariah, Bank Mega Syariah. Sedangkan ditingkat pemerentah daerah maka terjadi perubahan dari sistem konvensional ke sistem syariah. Bank Aceh yang secara regulasi, sistem usaha sepenuhnya bersistem keuangan syariah.

Kemudian diikuti oleh oleh Bank NTB menjadi Bank NTB Syariah. Kemudian disusul dan masih proses adalah Bank Nagari di Sumatera Barat. Inilah sekelumit perkembangan ekonomi syariah sub sektor keuangan dan perbankan syariah.

Kemudian beberapa hari yang lalu membaca pemberitaan dengan muncul frasa ekonomi mi'raj. Sebagai pelaku ekonomi syariah terapan. Maka muncul pertanyaan. Apakah ini disiplin ekonomi baru? model dan sistem ekonomi baru? bagaimana pula dengan regulasi dan peraturan yang akan dituangkan berbentuk undang-undang?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x