Mohon tunggu...
Mochammad SandyPradana
Mochammad SandyPradana Mohon Tunggu... Mahasiswa - sandy pradana

semangat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Belajar dari Seorang Guru

25 Maret 2021   23:12 Diperbarui: 25 Maret 2021   23:25 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Ada banyak pelajaran yang bisa saya dapatkan dari seorang guru beliau selalu membimbing saya dan mengajari saya tentang banyak hal pada saat saya sekolah di SMK. Contohnya disini adalah wali kelas saya sendiri pada saat itu,nama beliau adalah bu Dian, beliau merupakan walikelas yang hebat dan mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi dan beliau orangnya santai dan lemah lembut. Beliau dengan sabar dan ikhlas menjalani semuanya. Perbuatan dan perilaku yang dapat ditiru atau patut dicontoh dari beiau adalah orangnya baik,sabar dan tulus kepada muridnya , mungkin gajinya beliau tidak seberapa dibandingkan pekerjaan yang lainnya namun jangan dilihat dari gajinya melainkan lihatlah usaha kerja keras dan jasanya yang sangat besar. beliau pada saat mendidik dan mengajar sering menjumpai siswa yang menjengkelkan,bandel,nakal dan bermacam-macam jenis siswa. Namun beliau sabar dan ikhlas dalam menghadapi siswa yang seperti itu dan beliau terus mendidik dan mengarahkan untuk menjadi orang yang baik.

Beliau selalu mengajarkan saya untuk menghormati dan menghargai orang lain karena apabila kamu ingin dihormati yang lain maka hormati lah dulu orang lain, terutama untuk selalu berbuat baik kepada kedua orang tua dan taat memtuhi semua perintahnya. perilaku beliau juga sangat baik dan ramah ke semua orang. beliau pada saat mendidik muridnya disekolahan dengan baik, sabar dan lemah lembut. Banyak para siswa yang menyukai beliau karena mereka para siswa cocok dan merasa nyaman oleh seorang guru yang seperti beliau. Beliau tidak pernah memarahi siswanya pada saat melakukan kesalahan namun beliau cuma memberi tahu bagaimana melakukannya dengan benar dan dengan cara sebaik-baiknya beliau memberi tahunya supaya tidak menyakiti perasaan muridnya. Sampai saat ini beliau selalu memberi semangat untuk para alumni yang sudah lulus seperti saya untuk selalu berjuang dan kerja keras untuk meraih apa yang sudah diimpikan. Beliau juga pada saat berjumpa selalu mendoakan semoga suskes kelak disuatu saat nanti.

Kesimpulan yang bisa saya dapat dari sedikit artikel diatas ini adalah kita harus menghormati guru seperti kita kepada kedua orang tua  dan selalu mengenang jasanya atas apa yang dilakukan beliau untuk menjadikan saya sebagai pribadi yang baik. Jangan sampai menganggap guru yang mendidik g kita yaitu sebagai mantan guru maksudnya disini adalah seorang guru ya tetap seorang guru untuk kita. Tiada kata dulu pernah jadi guru saya sebelumnya dan guru adalah orang tua yang kedua setelah kedua orang tua kita yang ada dirumah dan guru yang ada disekolah. Harapan saya untuk beliau adalah semoga diberi kesehatan, umur yang barokah dan kebahagiaan dunia akhirat aminn.... Demikian pembahasan dari saya tentang seorang guru dan apabila ada salah kata maupun penulisannya mohon maaf sebesar-besarnya.           

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun