Mohon tunggu...
Oksand
Oksand Mohon Tunggu... Penulis Nyeleneh

Tukang Tutulisan: - Novel - Cerita Brand Lokal

Selanjutnya

Tutup

Media

Fakta di Balik Kata "Cuma" dalam Microsoft Word

21 Januari 2018   07:29 Diperbarui: 21 Januari 2018   10:45 1707 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fakta di Balik Kata "Cuma" dalam Microsoft Word
Dok.pribadi

Fakta di Balik Kata "Cuma" dalam Ms.Word

Mungkin banyak yang sudah tahu, ada juga yang mungkin belum sadar. Atau, tahu dan sadar, tapi tidak bisa memperbaiki. Sedang bahas apa sih ini sebenarnya? ^,^!

Kalau kita mengetikkan kata "cuma" di Ms.Word, secara otomatis huruf "c" akan menjadi kapital, walaupun kata tersebut berada di tengah kalimat. Kok bisa?

Yang belum tahu mungkin kesal ya. Setiap ketik kata "cuma" pasti huruf "c" jadi kapital. Dan ini, sering terlewat dalam proses editing atau penyuntingan naskah. Baik oleh penulis maupun editor.

Di Ms.Word ada fitur autocorrect optionyang di situ secara default akan mengapitalkan nama-nama hari. Tentunya nama hari dalam bahasa Inggris. Coba saja ketik "monday" di tengah kalimat, huruf "m" pasti otomatis jadi kapital, jika fitur autocorrect- capitalize names of daysdicentang.

Sekarang coba jangan centang fitur autocorrect- capitalize names of daysniscaya kata "monday" huruf "m" tetap kecil. Dan sadarkah Anda? Jika fitur tadi tidak kita centang, ternyata kata "cuma" huruf "c" tetap kecil. Tidak otomatis kapital lagi. Kenapa?

Kata "cuma" dalam bahasa Turki artinya Jumat. Makanya kenapa huruf "c" jadi kapital jika fitur autocorrect tadi tetap dicentang.

Kan hanya berlaku bahasa Inggris fiturnya? Ini kan bahasa Turki? Nah yang itu saya tidak tahu ^,^ Bisa jadi programmer-nya ada turunan Turki atau memang orang sono jadi ia selipkan kata tersebut. Hihi.

Saya terpaksa jadi harus ngulik karena saat membaca ada kesalahan kata, jadi tidak nyaman proses membacanya. Lalu berselancar dan menemukan link ini. Keterpaksaan yang berbuah ilmu :)

Kenapa "c" pada kata "Cuma" selalu kapital?

Hal-hal lainnya juga ada di situ. Termasuk kalau kita ketik kata "teh" pasti otomatis jadi "the". Kalau yang ini coba ketik kata "teh" di bagian 'replace' (lihat gambar), klik delete untuk menghapus kata tersebut dalam fitur autocorrect. Niscaya mengetik pun lebih sentosa, hehe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x