Mohon tunggu...
Sandra Nabila
Sandra Nabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sandra

Saya adalah mahasiswa yang baru saja terjun ke dunia kejurnalistikan. Kesukaan saya membaca dan bermusik. Saya ingin tulisan di sini menjadi sebuah karya yang dibaca dan dinantikan publik. Let's be friend! Saya sangat terbuka dengan kritik, saran, maupun diskusi. "Silent, watch, listen, and learn. Don't tell your move! I decided to be a black horse and made a lot of strong strategies. Then, i finished my checkmates. I let them choose to be a pawn."

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menghidupkan Kembali Kesadaran Mahasiswa untuk Bergerak dan Mengabdi

28 Agustus 2021   19:00 Diperbarui: 28 Agustus 2021   18:58 92 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menghidupkan Kembali Kesadaran Mahasiswa untuk Bergerak dan Mengabdi
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kategori mahasiswa menurut Edward Shill adalah mahasiswa sebagai lapisan intelektual yang memliki tanggung jawab sosial yang khas. Shill menyebukan ada lima fungsi kaum intelektual, yaitu:

  1. Menciptakan dan menyebarkan kebudayaan tinggi;
  2. Menyediakan bagan-bagan nasional dan antar bangsa,
  3. Membina keberdayaan dan bersama,
  4. Mempengaruhi perubahan sosial: dan
  5. Memainkan peran politik.

Munculnya gerakan mahasiswa didasari oleh keresahan-keresahan terhadap kebijakan merugikan yang dibuat oleh suatu rezim. Gerakan mahasiswa akan menyampaikan gagasan-gagasannya melalui berbagai cara, seperti aksi turun ke jalan, aksi damai, diskusi, penyebaran pamflet, dan lain sebagainya. 

Seperti mahasiswa angkatan ‘98 yang menentang kebijakan Soeharto bahkan melakukan penurunan presiden terhadap Soeharto yang dianggap menjadi penyebab kesengsaraan rakyat atas belenggu dan kekangan pemerintah yang menggunakan kedok Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 (UUD 1945).

Berdasarkan sejarah, gerakan mahasiswa memiliki peran yang begitu besar dalam memperjuangkan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, memperjuangkan rakyat pada Rezim Soeharto, dan perjuangan-perjuangan di era Reformasi sampai saat ini. 

Pemikiran-pemikiran mahasiswa tentu saja masih idealis dan belum berbaur dengan kepentingan menguasai negara dan mengenyangkan perut mereka. Angkatan 1908, 1928, 1945, 1966, 1974 hingga 1998 menjadi angkatan yang menduduki masa keemasan karena berhasil memainkan peranannya dalam melakukan perubahan.

Dalam masyarakat, terdapat kelas sosial yang terdiri atas beberapa strata. Mahasiswa adalah pemilik strata tertinggi sebagai kaum intelek terdidik, sementara sebagian penduduk masih menduduki strata terendah sebagai kaum tidak terdidik. 

Permasalahan utama kaum tidak terdidik adalah mereka terperangkap oleh kemiskinan yang membuat mereka kesulitan untuk membayar biaya sekolah yang berdampak pada rendahnya tingkat pendidikan rakyat kelas menengah ke bawah (meskipun sebagian besar penduduk miskin sudah mendapatkan hak berupa bantuan beasiswa pendidikan dari pemerintah).

Mahasiswa adalah kelompok masyarakat terdidik yang mendapatkan kesempatan untuk memakai fasilitas pendidikan yang dibayar dengan uang rakyat dari hasil pajak. 

Sudah menjadi kewajiban mahasiswa untuk berada di garis terdepan membela keadilan dan kebenaran. Mahasiswa berisi kumpulan individu-individu terdidik secara skill dan keilmuan yang memiliki peran penting, yaitu agent of change, iron stock, dan sebagai social control. 

Mahasiswa sebagai agent of change harus membawa perubahan besar yang positif dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di tengah tatanan masyarakat. Menurut Urip Santoso (2015), mahasiswa sebagai social control mahasiswa memiliki peran dan tugas lain yang tidak kalah penting dari sekadar mendalami dan mengaplikasikan materi kuliah yang disampaikan oleh dosen, yaitu mengamati dan mengkritisi apa yang terjadi di masyarakat baik masyarakat kampus maupun masyarakat luas.” 

Mahasiswa dituntut untuk lebih peka terhadap lingkungan dan segala persoalan yang terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan