Bisnis

Penerapan Etika Bisnis dalam Kehidupan Sehari-hari

1 Juli 2018   23:27 Diperbarui: 1 Juli 2018   23:51 709 0 0

Etika merupakan suatu kebutuhan yang harus kita miliki, karena manusia merupakan mahluk sosial yang pastinya akan berinteraksi dan terkadang secara tidak sadar akan menimbulankan dampak negatif yang dalam hal ini pastinya membutuhkan etika. Etika dianggap sebagai aturan atau norma-norma yang menjadi pedoman dalam bertingkah laku didalam masyarakat, organisasi bisnis dan kehidupan sehari-hari.

Didalam kehidupan sehari-hari kita pasti pernah menjalankan sebuah bisnis karena bisnis tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Bisnis sudah menjadi hal yang tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia, mulai dari masyarakat perdesaan hingaa masyarakat perkotaan pasti mengenal yang namanya bisnis. Oleh karena itu bisnis sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita.

Sebelum menjalan sebuah bisnis kita seharusnya mengetahui dan mempelajari terlebih dahulu etika dalam berbisnis. Etika binis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencangkup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Yang artinya, sebelum menjalankan sebuah bisnis kita terlebih dahulu mempelajari bagaimana caranya untuk melakukan kegiatan bisnis itu sendiri. Karena, jika kita tidak tahu bagaimana cara dalam menjalankan sebuah bisnis tersebut, bisa dipastikan bisnis yang akan kita jalankan tidak akan berjalan dengan baik.

Penerapan etika bisnis dalam kehidupan sehari-hari juga sangat penting untuk dilakukan, karena dengan menerapkannya didalam kehidupan sehari-hari akan membantu mengurangi pelanggaran dan kesalahan yang terjadi didalam etika bisnis. Menerapkan etika bisnis juga bisa dimulai dari lingkungan bisnis terkecil yang ada didalam kehidupan sehari-hari kita, salah satu etika bisnis yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah kejujuran dalam menjalan sebuah bisnis. Kejujuran merupakan salah satu hal yang harus kita terapkan dalam menjalankan sebuah bisnis dan menjadi bahan penilaian apakah bisnis yang sedang kita jalankan sudah sesuai dengan etika bisnis yang ada.

Dengan demikian, menerapkan etika bisnis bukan tidak mungkin kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari lingkungan terkecil dan  hal-hal yang sederhana biasa kita lakukan sehari-hari yang kemudian akan berdampak besar bagi dunia bisnis khususnya dalam penerapkan etika bisnis.