Mohon tunggu...
Sandra Suryadana
Sandra Suryadana Mohon Tunggu... Dokter - 30 tahun lebih menjadi perempuan Indonesia

Memimpikan Indonesia yang aman bagi perempuan dan anak-anak. More of me: https://sandrasuryadana.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama FEATURED

Ketika Aku Kena Malaria

4 Januari 2018   10:17 Diperbarui: 24 April 2020   08:32 2979
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Shutterstock

Sebelum saya berangkat untuk menjadi dokter PTT ke Teluk Bintuni, Papua Barat, banyak pihak yang mengkhawatirkan kondisi kesehatan saya di sana, terutama karena ada isu yang sudah beredar di tengah masyarakat bahwa di Papua banyak malaria.

Pihak-pihak ini bahkan termasuk rekan-rekan sesama dokter yang belum pernah ke daerah endemik malaria, sehingga tidak familiar dengan terapi malaria terbaru. Mereka semua menyarankan untuk minum obat pencegahan sebelum ke sana.

Saya sendiri tidak terpikir soal malaria ketika hendak berangkat ke sana. Pertama karena pikiran saya sudah dipenuhi oleh hal-hal lain seputar persiapan saya berangkat. Kedua karena pada dasarnya saya orang yang sangat tidak suka minum obat (benar sekali, ada dokter yang hanya suka menyuruh orang minum obat, tetapi dirinya sendiri tidak suka minum obat).

Ketiga karena sudah ada informasi sebelumnya dari Kepala Bidang Pelayanan Medis dari Dinas Kesehatan setempat, bahwa sudah ada terapi malaria yang terbaru yang sudah cukup ampuh dan sederhana dibandingkan harus meminum obat pencegahan, yang selain jumlahnya cukup banyak dan rumit cara meminumnya, juga sebenarnya tidak terlalu ampuh lagi.

Sesampainya di Teluk Bintuni, saya menyadari bahwa di Teluk Bintuni program eradikasi malaria telah sangat berhasil. Bahkan pada tahun 2012 saat saya ke sana, Bintuni meraih juara 1 program eradikasi malaria.

Hal ini dicapai karena kerja keras dari semua pihak dan dukungan dari perusahaan British Petroleum (BP) yang mempunyai markas di sana. Mereka dengan teliti mencatat semua pasien malaria, memberikan terapi yang sesuai, melakukan follow up terus-menerus, sampai malaria di daerah Bintuni bisa dikatakan nihil. Seandainya pun ada pasien malaria, hampir dapat dipastikan bahwa pasien tersebut adalah pendatang dari daerah lain.

Selama saya bekerja di RSUD Teluk Bintuni maupun di puskesmas pun, saya hanya pernah mendapati 2 pasien malaria, yang semuanya adalah pendatang dari kabupaten lain.

Setelah saya selesai PTT di Teluk Bintuni, saya pindah kerja ke Waingapu, NTT. Sudah hampir tidak ada yang mengingatkan saya soal malaria. Entah karena sudah lega karena malaria kini ada obatnya, entah karena mereka tidak tahu kalau NTT juga adalah endemik malaria. Nyatanya, saya justru terkena malaria saat bekerja di Waingapu ini.

Malaria di NTT dalam kenyataannya sudah bermutasi menjadi jauh berbeda dengan yang pernah saya pelajari saat kuliah. Tidak ada lagi gejala-gejala seperti menggigil-demam yang bersiklus-berkeringat. Hampir semua pasien malaria di NTT datang dengan keluhan pusing atau rasa tidak enak badan, pegal-pegal seperti masuk angin.

Kira-kira bulan keenam saya bekerja di sana, saya merasa tidak enak badan, badan terasa mudah lelah, kadang-kadang pusing. Kondisi ini berlangsung selama 2-3 hari, lalu saya memberanikan diri memeriksakan darah (benar lagi, ada dokter yang hanya suka menyuruh pasien periksa darah, tetapi dirinya sendiri takut jarum suntik).

Ternyata terbukti, saya terkena malaria tropika. Dari beberapa jenis malaria, hanya 2 yang endemik di Waingapu yaitu malaria tropika yang disebabkan oleh Plasmodium falciparum dan malaria tertiana yang disebabkan oleh Plasmodium vivax.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun