Mohon tunggu...
Sandi Saputra
Sandi Saputra Mohon Tunggu... Tenang saja, aku hanya belajar.

Mahasiswa S2 yang sedang menjalani mimpinya di Kutub Utara

Selanjutnya

Tutup

Novel

Aku dan Mimpiku: Perjuangan Anak Petani Miskin Kuliah ke Eropa (Bagian 1 dan 2)

21 Oktober 2019   17:39 Diperbarui: 21 Oktober 2019   17:41 0 2 0 Mohon Tunggu...

TULISAN INI ADALAH NOVEL YANG BERSAMBUNG. SILAHKAN IKUTI SETIAP BAGIANNYA YA.

DEATIL CERITA:

Ini adalah kisah nyata yang ingin aku bagikan ke pada dunia. Tentang perjalanan mimpiku yang terlahir di keluarga petani miskin yang mengejar mimpi kuliah hingga ke Eropa.

Kisah ini dipenuhi oleh perjuanganku dimulai dari SD yang sempat dikesampingan, SMP yang pernah diskors karna nakal. Lalu SMK yang ikut dengan seseorang, makan dengan 2 ribu rupiah untuk 4 hari, nyari cabe di kuburan. Namun aku selalu peringkat 1 dan menang lomba.

Ketika kuliah S1 dijuluki mahasiswa Backpacker, karna aku tidak punya kosan, numpang sana sini, diusir, kerja sana sini, ngajar dan juga dibumbuhi kisah cinta ku dengan seseoang yang banyak membantu ku. Aku lulus dengan IPK 3.91.

Ada banyak yang ingin ku sampaikan melalui kisah ini. Pesan utamanya adalah bahwa semua manusia terlapas dari keadaanya apapun, latarbelakang apappun berhak untuk meraih mimpinya.

Aku menulis ini, aku sedang menjalani S2 di Eropa Utara melalui beasiswa dari pemerintah Russia dan juga secara bersamaan Bachelor non-degree di Trent University dan Lakehead University Canada.

Selamat membaca....

BAGIAN 1: MARGARAYA 1

Namaku Sandi Saputra. Aku pernah bertanya ke pada emak arti dari namaku. Kata dia, namaku didapat dari tulisan yang terdapat di lemari peot kamar kami. Jadi dia tidak tahu arti dari namaku. Masih menurut emak, katanya bahwa dulu namaku bukan Sandi, namun diapun sudah lupa namaku sebelumnya. Aku terus menangis lalu digantilah dengan nama yang terdapat di lemari itu.

Aku mencoba mengada ada, Sandi bisa berarti sebuah password, ya kan? Berarti aku adalah orang penuh misteri yang tidak dapat dideskripsikan seperti Joker atau Sherlock Holmes. Ada juga yang menyangka bahwa namaku diambil dari Gobi atau Sahara, yes kata Sandi berasal dari Sand yang berarti gurun. Entahlah, toh emakku juga tidak ingat dan tak peduli hahaha.

Masih soal asal usul kelahiran ku. Tanggal lahir, ini menjadi runyam ketika aku kelas 6 untuk memverifikasi kelahirannku. Emak bilang bahwa aku dilahirkan hari Selasa tanggal 19 Maret 1994. Namun, faktanya setelah aku SMP ketika teknologi yang namanya handphone sudah dikenal banyak orang, aku mencoba ngecek kebenaran apakah tanggal 19 jatuh pada hari Selasa. Ternyata tidak, tapi hari Jumat. Juga tahun, emak menulis di sekolah bahwa aku lahir pada tahun 1994, fakta lain bahwa teman-teman yang disebutkan oleh emak lahir dalam jarak waktu yang tidak jauh berbeda, mereka lahir pada tahun 1993. Inilah aku Sandi Saputra. Anak petani dari kampung kecil Margaraya yang namanya diambil dari tulisan di lemari peyot, tanggal lahir yang tidak jelas dan kekeliruan tahun lahir. Welcome to my story!

---

Kisah yang aku tulis ini adalah kisah nyata yang ingin aku bagikan dengan dunia. Aku ingin bercerita tentang mimpi dari anak yang dilahirkan dari keluarga miskin yang mencoba melawan dunianya, melawan takdirnya, melawan opini, melawan sekat-sekat yang sudah dipagar dan dibentuk oleh masyarakat kelas bawah.

Aku selalu percaya bahwa setiap orang berhak memiliki mimpinya, mengejar dan memperjuangakannya. Tidak peduli apapun bentuk mimpi itu atau latar belakang seseorang yang memperjuangakan mimpi tersebut. Ini prinsip yang selalu aku pegang, bahwa mimpi adalah hak ku, ketika aku memperjuangakannya, bahkan tuhan sekalipun harus ikut mendukung dan membantuku.

Tapi, apakah benar mimpi adalah hak semua orang? Kiranya kita sepakat, lalu muncul pertanyaan selanjutnya ada berapa orang yang berani memperjuangkan mimpinya? Aku buat lebih sepsifik lagi, orang-orang miskin seperti aku, bagaiaman cara kami memperjuangkan mimpi kami? Boro-boro untuk mimpi, makan aja susah, ya kan? So, I tell you now.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x