Mohon tunggu...
Sandi Saputra
Sandi Saputra Mohon Tunggu... Konsultan - Tenang saja, aku hanya belajar.

Mahasiswa S2 yang sedang menjalani mimpinya di Kutub Utara

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tentangmu, Nusantaraku, Sop Padang dan Nasi Goreng di Kutub Utara

17 Februari 2019   19:44 Diperbarui: 17 Februari 2019   20:16 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Indonesia di Kutub Utara|Dokumentasi pribadi

Salah satu niat gue yang akan gue lakukan selama di sini except studying adalah spread the love, promote and understand the world works. 

Gue inget banget, pas di Jakarta most of friends are very interested in Japanese foods, West or maybe someting American, termasuk gue juga suka (gak banget tapi ya...) such as Sushi, Ramen or Tenpura, but not for West. 

Waktu itu adalah salah satu festifal terbesar di NArFU, Internasional Festifal yang melibatkan banyak pihak at least mahasiswa internasional. Gue mengenakan Blankon dan Jarik stelan, gue juga masak NASI GORENG dan SOP PADANG.
Pertama, masakan kita sangat disukai orang-orang Eropa! masakan gue habis cuma kurang dari 15 menit dengan porsi Nasgor 1 Kg dan Sop Padang beef 1 Kg!. In Frame, itu yang ramean laki-laki, mereka nambah 3 kali sambil cengengesan karna malu keseringan ngambil sop + minta no HP dan VK (FBnya Russia) gue untuk minta resep Sop Padang! Terus itu yang pake baju kotak-kotak, namanya Tasuke, ori Japan dari Edo City, dia sampe bilang kalo sop kita lebih enak dari ramen or tomyam! Kece gak tuhh..

Minta sop dan nasi 3 kali!|Dokumentasi pribadi
Minta sop dan nasi 3 kali!|Dokumentasi pribadi
Taisuke makan sop padang|Dokumentasi pribadi
Taisuke makan sop padang|Dokumentasi pribadi
Kedua, jadi degan Setelan Jarik dan Blankon, gue sangat menarik perhatian banyak orang, mereka bertanya banyak soal arti, filosofi and value of my costume (I explained panjang kali lebar!), karna gue emang tujukin banget identitas kita sebagai Indo, ramah, senyum dan gue too much talk! hahaa. 

Mereka semua sangat tertarik dengan pakaian adat dan makanan yang gue presentingin. Terus itu yang ada kamera adalah tim/orang ke 5 yang mewawancarai gue dari stasiun tv lokal, nasional dan radio mengenai pakaian dan makanan kita.

Nasi goreng dan sop padang
Nasi goreng dan sop padang
Di sin, gue bangga banget jadi bagian dari Nusantara, jadi Indonesia, itu bendera kita Merah Putih gue kibarkan di Arkangelsk, biar semua tahu bahwa ada Indonesia di Negeri Utara, Kutub Utara, Lingkar Arktik hari ini, besok dan seterusnya. Jadi, janganlah kita TOO MUCH sibuk banggain adab, budaya, whatever itu dari negeri lain such as Arab or West. Let's love our cultures dan kita harus bangga!


Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun