Mohon tunggu...
Sandi Saputra
Sandi Saputra Mohon Tunggu... Konsultan - Tenang saja, aku hanya belajar.

Mahasiswa S2 yang sedang menjalani mimpinya di Kutub Utara

Selanjutnya

Tutup

Money

Kopi Luwak di Kutub Utara

16 Februari 2019   23:28 Diperbarui: 16 Februari 2019   23:40 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kali ini gue mau bahas dikit tentang kopi yang asli dari negara kita, yaitu Kopi Luwak. Gue sebenernya gak terlalu suka kopi, ya kalo lagi minum tapi gak too much macam tiap hari harus minum kopi kayak emak dan kakak gue, apalagi pas bokap gue masih hidup dulu dia suka banget sama kopi hitam. Kopi luwak menurut hasil browsing-browsing gue adalah kopi yang keluar dari kotoran hewan Luwak atau Musang yang masih berbentuk utuh, karena dia mengalami fermentasi di dalem perutnya luwak jadi rasanya enak, sedap lah gitu. Gue jadi inget salah satu brand kopi di Indonesia, yang menawarkan harga Rp1.000 untuk satu saset.

Jadi kemaren gue maen ke mall di Arkangels, namanya Maksi (sorry gak sempet foto) yang beralamat di Leningradskiy ave 38 | Mall Maksi, Arkhangelsk 163009, Russia. Sebenernya gue ke sana mau belanja mingguan gitu buat masak-masak, nah ini pertama kali ke "Maksi Gede", jadi maksi tuh ada lumayan banyak, deket asrama gue juga ada cuma kecil, misal kayak Alfami*i gitu nah ada versi biasa, terus ini gue ke yang gedenya, di dalem mall gitu. Gue sama Kodir (roommate) temen dari Swaziland (googling kalo belum tau negara ini wkwkw) terus kita iseng ke tokoh kopi gitu nah sebelumnya gue emang pernah cerita ke temen gue ini tentang kopi Luwak karna dia suka kopi. Nah pas gue tanya harganya RUB7.000/100 grams, gue awalnya belum terlalu engeh tuh berapa kalo dirupiahin perkilonya, pas gue itung bearti 1 kg= RUB70.000 sama dengan Rp15.140.229 alias 15 juta rupiah per kilo! kurs rupiah kita lagi kondisi bagus RUB1=IDR216 gimana kalo lagi jelek, bisa 17 jutaan! gila gue pikir ini kopi sekilo seharga motor baru wkwkw.

Terus gue rencana mau foto tuh kopi tapi gak boleh tapi sebagai gantinya gue dikasih kayak broser kecil penjelasan mengenai kopi luwak gitu. Di sana tertulis bahwa kopi luwak adalah kopi paling mewah di dunia. Sebagai orang Indonesia gue bangga dong heee, gue jadi mikir buat coba gue beli di Indo terus jual deh hahaaa.


Besoknya gue ke salah satu mall juga cukup terkenal namanya Titan Mall yang beralamat di Voskresenskaya Ulitsa, 20, Arkhangel'sk, Arkhangelskaya oblast', Rusia, 163046. Di sini agak berbeda sedikit dengan di Maksi gede, tadi mereka bilang kalo sekitar RUB2.500/50 grams, yang berarti RUB50.000/Kg equals to IDR10.814.534, cuma mungkin ini kualitas beda sama yang di Maksi, dari tempat aja lebih mewah di Maksi. Nah terus mereka menawarkan yang lebih murah yang sama ada gambar luwaknya, pas gue baca ternyata dari Vietnam, buset gue pikir ini luwak dari Indo dibawa ke Vietnam buat ngeberak doang apa gimana hahaha. But, everyone knows that kopi luwak is from Indonesia.

Gue coba cek ke beberapa situs jual beli online yang ada di Indonesia, dan gue menemukan berbagai macam jenis harga yang paling murah IDR65.000 sampai IDR900.000. Harga ini sangat murah jika dibandingkan dengan harga jual di Eropa, hal lain yang harus kita liat lebih jauh jadi berapa harga dari petani? Gue mengira berarti harga termahal dari petani tidak lebih dari IDR500.000 (ini cuma pikiran gue ya) dan di Eropa di jual dengan harga 15 juta? Gila ya, ini salah satu masalah petani kita yang hingga saat ini belum dapat terselesaikan dengan baik, yaitu akses ke pasar internasional, karna kita masih banyak terkendala kalo secara individu mau direct selling, misal kayak izin pom, izin ekspor, cukai dan hal lain bahasa, kita pikir aja bersama hal begituan petani pasti susah buat dapat memahami, jadilah mereka jual ke pengusaha export dan di jual ke luar negeri dengan harga mahal, sedangkan petani kita hanya dapat kulitnya saja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun