Mohon tunggu...
Samuel Liputra
Samuel Liputra Mohon Tunggu... Jurnalis - Researcher

Peneliti tentang segala hal dan berbagi informasi tentang segala hal

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Garuda Integrated Development

20 Agustus 2021   12:02 Diperbarui: 20 Agustus 2021   12:38 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 " Pengembangan Terintegrasi Garuda merupakan upaya Indonesia menuju Era Cyberspace"

Intergrasi merupakan kata yang sering kita dengar dan sering Kita ucapkan khusus untuk keadaan akhir akhir ini.  Dimana setelah informasi atau artikel " New normal life: The new standard and New limit" () dan  " Economic recovery: Development of the economic net system" () , Kita baru menyadari bahwa intergrasi dalam data, management, dan keuangan merupakan salah satu dasar yang penting menciptakan kedaulatan secara menyeluruh dalam bilang tertentu.

Hal ini diperkuat dengan kinerja pemerintah saat ini, bukan hanya di Indonesia, yang menerapkan sistem berbasis digital untuk segala bidang. Sehingga dengan metode dan cara hidup yang baru, sangat memungkinkan jika dunia yang nyata akan beralih kepada dunia digital / era cyberspace.

Hal ini menjadi sebuah titik penting dalam kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia (ketika artikel ini di buat khusus untuk  pemerintah Indonesia dan yang berkepentingan. Jika dibutuhkan sangat bisa diperbesar Dan  digunakan dalam rangka sistem dunia yang lebih komplek dan lebih menyeluruh ). Karena pada titik ini dimulai percepatan secara menyeluruh sistem intergrasi digital dasar kepada semua aspek kehidupan.

Dengan adanya Covid-19, Kita tahu bahwa seluruh aspek kehidupan membutuhkan inovasinyang cepat dengan berbasis teknologi yng bukan hanya dapat digunakan tetapi terhubung satu dengan lainnya tanpa harus bertemu atau bersentuhan. Sehingga setiap manusia dapat menjaga dirinya sendiri dan orang lain dari hal yang tidak diinginkan. Dengan adanya pandemi yang berkesinambungan membuat pemerintah sendiri menyadari sangat membutuhkan Informasi yang cepat dan saling terintegrasi dalam hitungan detik.

Berdasarkan permasalan yang telah dipaparkan, maka pemerintah Indonesia seharusnya bukan hanya menunggu perubahan yang akan terjadi dan jika terpaksa baru menyediakan media yang dibutuhkan secara seadanya. Tetapi pemerintah seharusnya membuat sebuah projek khusus dengan kode :  GID (Garuda Integrated Development).

Dimana projek ini bukan hanya sekedar proyek yang menghubungkan 1 sistem dengan sistem yang lain seperti anak perusahaan maupun kerjasama antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Tetapi proyek ini lebih mengarah kepada bagaimana pemerintah bisa membentuk sebuah jaring yang kuat secara menyeluruh sehingga dapat menjadi pemerintah yang memiliki data  yang terintegrasi secara menyeluruh.

- Sistem Kesehatan
Jika saat ini kita melihat dengan kondisi yang berlaku saat ini kebutuhan kesehatan menjadi prioritas yang paling diutamakan. Dimana kebutuhan sistem data kesehatan harus terintegrasi dengan BPJS kesehatan, rumah sakit ,klinik dan apotek. Dimana seluruh data kesehatan masyarakat terdata dengan baik dalam sebuah aplikasi khusus untuk dokter dan aplikasi untuk pasien.

Sehingga seluruh kesehatan warga secara masif dapat terdata dengan baik termasuk dengan sertifikasi vaksin secara menyeluruh. Sehingga tidak terjadi sertifikat atau surat lahir , vaksin  bahkan sampai surat kematian. semuanya terdata secara tepat dan real time.

Sistem dibentuk juga berdasarkan keperluan yang mempercepat proses untuk dalam keadaan biasa maupun keadaan darurat ( seperti pandemi). Dimana seluruh kebutuhan nakes dapat dilihat dan masyarat dapat mendapatkan akses untuk kesehatan dengan cepat, termasuk dengan obat yang dibutuhkan. Disisi lain dengan sistem ini tenaga kesehatan dapat melihat obat yang ada dipasaran atau yang tersedia dan membantu masyarakat juga mengetahui untuk jenis obat ini apakah susia izin yang berlaku atau tidak.

Dengan sistem ini, pihak yang berkepentingan ( pemerintah ) dan perusahan penyedia dapat mengontrol kebutuhan dan stok obat yang ada di seluruh tempat penjualan obat dan apotek. sehingga stok obat dapat diawasi dengan ketat terutama obat yang khusus dan menyangkut masalah kemanusiaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun