Mohon tunggu...
Samuel Benedickson
Samuel Benedickson Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wirausaha

Suka membaca, olahraga, bermain catur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Piala AFF vs Piala Dunia 2022

20 Desember 2022   17:24 Diperbarui: 20 Desember 2022   18:05 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Perhelatan Piala Dunia 2022 sudah usai. Akhirnya Argentina keluar sebagai kampiun setelah mengalahkan Prancis melalui drama adu pinalti. Argentina sempat unggul 2-0 pada bebak pertama melalui gol yang dicetak Lionel Messi pada menit 22' lewat tendangan pinati, dan Di Maria menggandakan keunggulan Argentina 2-0 pada menit 36.

Menjelang berakhirnya babak kedua, Argentina menurunkan tempo permainan. Keadaan ini dimanfaatkan TimPrancis menggempur prtahanan Argentina yang membuahkan tendangan pinalti yang dieksekusi oleh Kylian Mbappe akibat pelanggaran di area kotak pinalti. Kedudukan berubah menjadi 2-1. Berselang 1 menit, lagi-lagi Kylian Mbappe berhasil menyamakan kedudukan 2-2.

Pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Argentina sempat unggul 3-2, namun kemudian Prancis kembali menyamakan kedudukan 3-3.

Pemenang ditentukan melalui adu pinalti. Penjaga gawang Argentina Emiliano Martinez tampil sangat luar biasa yang berhasil menggagalkan tendangan Coman. Argentina unggul 4-2 dan keluar sebagai Juara Dunia yang ketiga kalinya.

Setelah usai perhelatan piala dunia kita akan disuguhkan pertandingan di Piala AFF yang mulai bergulir hari ini, 20/12/2022. Indonesia berada di grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunai Darussalam. Sedangkan grup B diisi oleh Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar dan Laos. Juara grup dan runner up akan melaju ke babak semi final.

Kompetisi kejuaraan AFF memang tidak sepadan jika dibandingkan dengan piala dunia yang baru saja kita saksikan bersama, baik dari segi gengsi maupun kualitas. Namun melalui Kejuaraan AFF ini harus banyak menimba pelajaran dari penyelenggaraan piala dunia, sportifitas dan kualitas; baik penyelenggara, wasit, offisial, pemain maupun supporter.

Ajang dua tahunan ini merupakan ajang untuk meningkatkan kualitas tim sebelum berlaga di turnamen yang lebih bergengsi, seperti Asian Cup dan Pra Piala Dunia.

Bagi Indonesia, khususnya bagi pemain junior, turnamen ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menimba pengalaman dan mengasah kualitas sebelum berlaga di Piala Dunia U-20 yang sebentar lagi akan diselenggarakan di Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung pada 20 Mei -- 11 Juni 2023.

Tim Garuda harus banyak belajar dari tontonan piala dunia yang baru lalu. Kualitas para pemain dari setiap tim tidak kelihatan perbedaan kualitas yang sangat mencolok, seperti dalam memberikan dan menerima operan bola

Pemain kita, yang sering terjadi kesalahan adalah pada saat meberikan umpan dan menerima bola masih sering tidak akurat. Hal lain juga yang tidak kalah penting, adalah seringnya terlambat memberikan sodoran bola kepada rekan pada saat adanya peluang yang bagus. Dan juga gocekan yang terlalu banyak akan mengurangi kesempatan menciptakan peluang.

Semoga Tim Garuda berhasil meraih Juara Aff tahun 2022 ini.
Sukses buat tim Garuda Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun