Mohon tunggu...
Samuel Kevin Natanael
Samuel Kevin Natanael Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Maba 22 Unpar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

1 Desember 2022   23:06 Diperbarui: 1 Desember 2022   23:18 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

saya mengikuti geladi hominisasi pada tanggal 27 november. satu minggu sebelum geladi, saya mendapatkan tugas pra geladi. Di dalam tugas pra geladi, ada beberapa pertanyaan yang didalamnya berisi seperti mengisi data email dan juga NPM. setelah itu, ada pertanyaan yaitu mencari hal yang menarik dari lirik Indonesia raya secara full. saya mengambil lirik pada stanza kedua pada bagian suburlah tanahnya. 

Setelah itu, ada pertanyaan yang harus dijawab tetapi harus menonton film dokumenter pendek dulu. saya memilih film dokumenter tentang bagaimana migrasi dari tiongkok mempengaruhi makanan yang ada di Indonesia seperti contohnya mie dan kemudian ada pertanyaan lanjutan. Pada hari minggu saya mengikuti geladi dari jam 8 pagi sampai dengan jam 1 siang. 

Saya join zoom pada jam 7:50 pagi. saya mengecek format nama yang ada pada email yang dikirim satu hari sebelum zoom. Di awal zoom, semua peserta geladi diminta untuk menghidupkan kamera dan mengatur nama pada zoom masing-masing sesuai format. Di awal acara geladi, semua peserta diminta untuk berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia raya 3 stanza. setelah itu, semua peserta diminta untuk menyanyikan lagu mars unpar. Setelah itu, para panitia memutarkan video sambutan yang menjelaskan tentang apa itu geladi ?, kenapa geladi dilakukan ?, dll. Kegiatan selanjutnya adalah semua peserta dimasukkan kedalam Breakout room. Saya tergabung dalam kelompok 11. 

Kelompok saya beranggotakan rizky dan diva yang berasal dari fakuktas administrasi bisnis, febby dan aurellia devina yang berasal dari fakultas manajemen, nick yang berasal dari fakultas matematika dan juga saya sendiri yang berasal dari fakultas hukum. Kelompok saya membahas tentang hari wayang nasional dalam bentuk podcast. sayangnya, kelompok saya tidak berhasil masuk ke final battle. 

Pada akhirnya saya mengikuti geladi hominisasi sampai selesai. Refleksi saya adalah bagaimana kemampuan soft skill saya harus semakin dikembangkan dan juga harus mulai menghargai budaya Indonesia yang sudah sedikit jarang orang yang mengikutinya. Kita harus memiliki  kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara karena sebagai warga negara yang baik, kemampuan itu penting untuk kemajuan bangsa. Manfaat yang saya rasakan adalah skill berbicara saya semakin meningkat. Dari yang saya pelajari, saya mendapatkan bahwa saya akan lebih proaktif dalam kelas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun