Mohon tunggu...
Samudro WijayaSasongko
Samudro WijayaSasongko Mohon Tunggu... Lainnya - Samudro Wijaya Sasongko

Jadilah Manusia Yang Memanusiakan Manusia

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Testimoni Fresh Vision, Mata Minus Pandangan Jadi Bagus

8 Oktober 2021   18:00 Diperbarui: 8 Oktober 2021   18:05 1943
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Hallo semuanya, saya seorang karyawan swasta. Sekarang ini banyak banget orang pakai kacamata. Termasuk saya yang pakai kacamata sejak SMA. Bahkan pernah saya liat anak SD sudah pakai kacamata tebal. Entah berapa minusnya. Tapi saya yakin dia kalau lepas kacamata dunia terasa buram.

Saya juga gitu. Minus saya ngga tinggi amat, cuma 3. Tapi cukup buat bikin ngga bisa ngenalin orang. Jadi kalau saya lepas kacamata, muka orang itu ngeblur. Sampe saya sering dibilang sombong karna ngga nyapa temen di jalan. Padahal emang ngga keliatan mukanya.

Selain itu saya juga cape pakai kacamata terus. Harus berhadapan dengan embun kalau mau makan/minum panas. Bahkan ngga bisa liat kalau kehujanan dan kacamata basah. Sempat juga pakai softlens. Tapi saya orangnya ceroboh dan pelupa. Alhasil sering ketiduran saat masih memakai softlens. 

Bukannya membaik alih-alih berpindah pakai softlens, yang ada malahan mata sering merah dan iritasi. Intinya pakai kacamata itu banyak ngga enaknya. Tapi semakin kesini makin banyak orang pakai kacamata.

Kenapa penggunaan kacamata semakin meningkat? Penyebab mata minus ternyata banyak banget loh. Mungkin kalian juga ngelakuin hal ini tapi ngga nyadar.

Penyebab Mata Minus

Terlalu lama beraktivitas di ruangan ternyata menyebabkan mata minus. Kondisi ruangan yang gelap menyebabkan mata cepat lelah. Untuk mencegahnya kalian bisa membuat pencahayaan sebagus mungkin. Menggosok mata terlalu sering ternyata berbahaya untuk mata. Mungkin sepele tapi ternyata bisa bikin minus loh. Selain itu dapat menyebabkan alergi konjungtivitas dan infeksi mata.

Bermain gadget dan membaca di tempat gelap bisa menyebabkan mata minus. Apalagi kalau jaraknya terlalu dekat. Bisa menyebabkan pandangan menjadi buram. Begadang juga bisa menurunkan fungi mata. Kurang tidur menyebabkan ketegangan dan kelelahan pada mata. Hal tersebut memicu mata menjadi minus.

Beberapa hal diatas adalah tindakan yang sering saya lakukan tanpa sadar. Terutama begadang dan bermain gadget. Akibatnya ya mata saya jadi minus.

Awalnya si cuma sering pegel dan lelah. Lama kelamaan pandangan menjadi kabur. Buat baca juga buram. Gejala yang dirasakan perlahan. Tanpa disadari minus semakin bertambah. Kebanyakan orang pasti mengalami hal yang sama kan?

Kandungan Fresh Vision

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun