Mohon tunggu...
SAMSUTO
SAMSUTO Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

Menulis menjadikan diri kita hidup "abadi", menulis membuat ide terus berkembang

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Amerika Serikat Menyerah dengan Politik Polarisasi, Indonesia?

6 Agustus 2022   22:49 Diperbarui: 7 Agustus 2022   08:48 265 11 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

AMERIKA SERIKAT MENYERAH DENGAN POLITIK POLARISASI, INDONESIA?

OLEH: SAMSUTO

Negeri Paman Sam yang merupakan Icon dari demokrasi di dunia. Di mana negaranya didominasi oleh dua partai yaitu Partai Demokrat dan Partai Republik menyerah untuk hanya mengadopsi dua partai tersebut. 

Karena dampak politik dua partai melahirkan polarisasi yang nyaris membahayakan. Negara tersebut pernah ada di bibir jurang perpecahan saat pemilihan presiden Joe Biden dan Donald Trump.

Partai baru yang muncul di Amerika dilahirkan oleh dua tokoh penting dari dua partai yaitu partai republik dan Partai Demokrat. Partai baru yang bernama partai forward (Maju) digawangi oleh mantan kandidat presiden Amerika Srikat dari Partai Demokrat yaitu Andrew Yang dan Christine Tedd Whitman mantan Gubernur New Jersey dari Partai Republik.

Menurut pengamatan dan yang dibaca oleh penulis bahwa ada tiga komponen pembentuk partai baru yang ada di Amerika Serikat tersebut:

1. Renew Amerika Movement yang dibentuk oleh para politikus partai Republik yang pernah berada di bawah pemerintahan mantan presiden Ronald Reagen dan George H. Bush dan George W. Bush dan Donald Trump.

2. . Serve Amerika Movement ini adalah kelompok politik yang terdiri dari partai Demokrat partai politik dan politikus yang memilih independen. Sementara pimpinannya adalah anggota kongres partai Republik David Jolly.

3. Yang yang keluar dari partai Republik pada 2021.

Mengapa mereka membentuk partai alternatif dari dua partai yang sudah ada di Amerika? Para pemimpin partai tersebut mengatakan bahwa adanya survei yang dilakukan oleh Gallup yang dilakukan pada tahun 2021 memperlihatkan sebanyak 2/3 dari warga Amerika serikat sangat yakin bahwa mereka butuh dengan adanya partai alternatif atau partai ketiga yang bisa menjembatani suara mereka.

Bagaimana dengan Indonesia?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan