Mohon tunggu...
Samsul Maarif
Samsul Maarif Mohon Tunggu... jejak langkah dan pemikiran

jejak langkah dan pemikiran

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kapan LSM di Indonesia lahir?

16 April 2019   14:12 Diperbarui: 17 April 2019   06:32 449 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kapan LSM di Indonesia lahir?
keywordsuggest.org

LSM, semua tentu pernah dengar. Kepanjangannya pun mungkin sudah akrab: Lembaga Swadaya Masyarakat. Tetapi kalau pertanyaannya ditambah, misal, apa yang dikerjakan LSM, apa fungsi/peran LSM, siapa yang mendanai LSM, dan seterusnya, mungkin segera dunia menjadi gelap.

Persoalannya bukan karena tidak ada bacaan/tulisan yang mengulas dunia serta kiprah LSM, bacaan itu berserak dan dapat ditemukan di mana saja. Tetapi harus diakui minat baca kita masih tergolong rendah, ditambah ruang-ruang pemberitaan publik sudah penuh oleh berita ekonomi dan politik, pembaca perlu disuguhi bacaan ringan namun bergizi untuk menjelaskan topik yang tidak populer.

Tulisan ini dimaksudkan sebagai pengantar menuju pengenalan dunia LSM lebih jauh bagi yang berminat mendalaminya.

Jika kita mendengar  LSM, NGO, Ornop, CSO, OMS, dan banyak lagi sebutan lainnya, sebetulnya itu merujuk pada entitas yang sama alias setali tiga uang.   

LSM yang akrab di telinga orang Indonesia saat ini, dapat dikatakan merupakan terjemahan dari NGO/Non Government Organisation -- sebutan yang umum dipakai di dunia Internasional sana. Namun demikian, istilah LSM bukan terjemahan langsung perkata dari NGO, sebab jika diterjemahkan perkata,  Non Government Organisation/NGO akan menjadi: Organisasi Non Pemerintah/ONP/Ornop. 

Lantas, kenapa penyebutan "LSM" lebih popular, bukannya Ornop? Jawaban bisa panjang kali lebar tetapi pada prinsipnya, kata "LSM" dianggap lebih persuasif dan tidak mengandung konotasi "Antipemerintah".

Kemunculan LSM di Indonesia tidak lepas dari proses modernisasi yang terjadi di era 1970-an awal. Pembangunan yang sedang digalakkan pada waktu itu selain mendatangkan kemajuan di berbagai bidang ternyata juga diikuti oleh segudang persoalan yang timbul akibat proses pembangunan yang dilakukan tersebut. 

Persoalan-persoalan itu juga muncul di berbagai bidang atau aspek kehidupan seperti timbulnya pencemaran lingkungan, penggusuran, urbanisasi, pelanggaran hukum, isu perburuhan, serta sederet permasalahan lain yang menuntut perhatian semua pihak. 

Dari situ kemudian muncul berbagai kelompok masyarakat yang mengorganisasikan dirinya ke dalam sebuah LSM atau organisasi nonpemerintah/Ornop. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x