Mohon tunggu...
samsul arifin
samsul arifin Mohon Tunggu... Ilmuwan - Kreatif,Aktif,Inovatifūü§≤

Orang sukses adalah orang yang mau berusaha dengan sunggu².

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

4 Rumus Perjuangan Hidup Menurut Lucius Annaeus Seneca

14 Agustus 2022   16:46 Diperbarui: 14 Agustus 2022   16:55 81 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Lucius Annaeus Seneca mengatakan  "jika manusia tidak tau kepelabuhan mana berlayar maka tidak ada angin yang menguntungkan" selaras dengan unggkapan tersebut manusia harus tahu dimana berada dan mau kemana akan melangkah sehingga dengan cara ini akan mendapatkan keuntungan ( Rizki) untuk menjadi bekal hidup dimasa kini dan akan datang nanti.

Makna yang tersirat dari apa yang dikatakan oleh Seneca bahwa kita harus mempunyai tujuan hidup dan arah perjalanan hidup. Oleh karena itu kalau hidup sekedar hidup tidak mempunyai orentasi dan tidak mempunyai arah hidup serta tidak memikirkan hidupnya mau kemana maka tujuan akhirnya tidak akan bisa melakukan dan menemukan hal yang bermanfaat dalam hidupnya. 

kesimpulannya hidup yang efektif dan bermanfaat maka harus tau arah tujuannya mau kemana. 

Lucius Annaeus Seneca mengatakan : "sebutir mutiara tidak bisa dipoles tanpa gesekan demikian pula manusia tidak mungkin sempurna tanpa ujian-ujian". 

Makna yang bisa dipetik dari qaidah itu bahwa setiap perjuangan tidak terlepas dari ujian dan pengorbanan sebagimana mutiara kalau ingin melihat mutiara itu bagus dan indah maka harus dipoles dan digesek sehingga harus mungurbankan sebagian hilang dari mutiara itu disebabkan gesekan dan polesan, oleh karena itu manusia tidak akan mencapai kesempurnaan tanpa ada cobaan dan ujian. 

Dan seharusnya dengan ujian yang seberat ini kualitas diri manusia semakin meningkat kemudian hidupnya menjadi manusia yang berkualitas dan sempurna maka dari itu sangat disayangkan mana kala ada ujian seberat ini menjatuhkan dan menurunkan kualitas diri manusia. Logikanya mana kala seseorang yang tidak lulus dari ujian itu maka akan datang ujian lagi terhadapnya. Kesimpulannya perjuangan mebutuhkan pengorbanan.

Lucius Annaeus Seneca mengatakan : "pertahankan semangat mudahmu maka engkau dapat menggunkannya lebih baik disaat lebih tua". 

Pada biasanya seseorang disaat masih mudah penuh dengan semangat yang mengglora dan menyalah-nyalah maka dari itu semangat yang demikian pertahankan jangan disia-siakan dalam arti tidak digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan tidak menjaga kesehatan sehingga disaat pikirannya matang (dewasa) dan ilmunya tinggi energi  semangatnya habis dikarenakan diwaktu mudahnya tidak bisa mempertahankan semangatnya. 

Oleh karena itu untuk menjaga semangat jaga kesehatan jasmani dan rohaninya.

Lucius Annaeus Seneca mengatakan : "kalau kamu manusia maka hargilah mereka yang mengupayakan hal-hal yang besar meskipun kemudian gagal". Artinya dalam hidup ini kita sama-sama berjuang (orang lain berjuang kita juga berjuang). Maka dari itu karena sama-sama berjuang maka saling menghargai dan menghormati orang yang sama-sama berjuang walaupun gagal dalam perjuangannya. 

Karena orang yang mau berjuang dan mengupayakan perubahan-perubahan hidupnya lebih baik menandakan bahwa termasuk manusia yang berharga dan layak untuk dihormati. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan