Mohon tunggu...
Elang Salamina
Elang Salamina Mohon Tunggu... Serabutan

Ikuti kata hati..itu aja...!!!

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Prabowo Masih Perkasa, Ganjar Pranowo Bikin Dilema PDIP

16 Oktober 2020   22:57 Diperbarui: 16 Oktober 2020   23:02 1783 30 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Prabowo Masih Perkasa, Ganjar Pranowo Bikin Dilema PDIP
Sindonews.com

BELANDA masih Jauh. Demikian ungkapan yang kerap terlontar untuk menunjukan bahwa waktu pelaksanaan masih lama terjadi. Misal, Pilpres 2024

Siapapun tak akan menampik bahwa kontestasi pemilihan orang nomor satu dan dua di Republik Indonesia masih sekitar empat tahunan. Namun, genderang perang antar masing-masing calon sudah dimulai. 

Mereka terus berupaya memanfaatkan momentum yang ada guna meraih simpati publik. Kendati hasilnya kadang tak sesuai harapan. Tak jarang, apa yang para kandidat lakukan justru berbuah blunder. 

Namun demikian, bukan masalah blunder atau tidak yang hendak penulis maksud dalam tulisan ini. Akan tetapi, menegaskan bahwa ancang-ancang para kandidat menuju Pilpres memang tengah berlangsung. 

Segala upaya dan aktivitas para kandidat tersebut semakin menarik kita saksikan setelah beberapa lembaga survei pun tidak ingin ketinggalan kereta. Mereka terus melangsukan analisa dengan disiplin ilmunya guna mencari siapa saja kandidat yang memiliki tingkat elektabilitas atau kepercayaan publik paling tinggi. 

Sejauh ini, hasil beberapa lembaga survei menunjukan bahwa nama-nama kandidat yang kerap berada pada empat besar masih dihuni oleh sosok yang sama. Yakni, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

Pun dengan hasil lembaga survei Indometer yang dirilis bulan Oktober 2020. Keempat nama di atas masih mendominasi dibanding dengan kandidat lainnya. Misal, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY); Ketua DPR RI, Puan Maharani atau Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan sejumlah nama lainnya. 

Berdasarkan hasil survei Indometer, nama Prabowo Subianto masih bertenger di posisi puncak, meski elektabilitasnya menurun. Sementara Ganjar Pranowo yant berada di posisi kedua justeru merangkak naik. 

Dikutip dari Sindonews.com, temuan survei Indometer menunjukkan elektabilitas Prabowo bertengger di angka 16,8%, melemah dari survei pada Juli 2020 sebesar 17,6%. Sementara, Ganjar naik menjadi 16,5 % dari asalnya 15,4%. 

Pada posisi ketiga dan keempat ditempati Ridwan Kamil dan Anies Baswedan. Namun begitu elektabilitas mereka mengalami penurunan. 

Elektabilitas Ridwan Kamil yang asalnya 11,3% menjadi 10,6%. Sedangkan penurunan Anies lebih dalam, dari 10,1% menjadi hanya 8,9%. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN