Mohon tunggu...
Elang Salamina
Elang Salamina Mohon Tunggu... Serabutan

Ikuti kata hati..itu aja...!!!

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Djoko Tjandra yang Ditangkap Itu Palsu?

2 Agustus 2020   20:28 Diperbarui: 2 Agustus 2020   20:25 760 30 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Djoko Tjandra yang Ditangkap Itu Palsu?
Kompas.com

DALAM satu bulan ini, nama Djoko Tjandra benar-benar telah menjadi perbincangan panas publik tanah air.

Buronan kasus pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali tersebut mulai kembali menarik perhatian publik, setelah tiba-tiba saha muncul di tanah air. Namun, anehnya seolah tidak ada seorang pun para aparat pemerintah di negara +62 ini yang menyadari kedatangannya.

Perbincangan publik terhadap pria kelahiran 1951 ini semakin panas, setelah diketahui "menjalin hubungan" dengan beberapa aparatur negara. Sebut saja, Lurah Grogol Selatan, hingga tiga jendral Mabes Polri, sehingga Direktur PT. Era Giant Prima ini bisa dengan leluasa masuk ke tanah air.

Spekulasi pun muncul, bahwa Djoko Tjandra telah menggunakan kekuatan uangnya untuk membuat para aparatur negara tersebut di atas bertekuk lutut dan menjadi hambanya. Bahkan, cukup diduga kuat, masih ada lagi beberapa pejabat pemerintah yang terlibat atas leluasanya sang buronan, sehingga sangat sulit ditangkap dan terdeteksi.

Kendati demikian, kata pepatah, "serapat-rapatnya menutupi bangkai, baunya akan tercium juga" atau dengan kata lain, tidak ada tindakan kejahatan yang bisa dilakukan dengan sempurna, alias hampir selaku meninggalkan jejak untuk dilacak.

Itulah yang terjadi pada Djoko Tjandra. Selicin atau sekuat apapun kekuatan uangnya untuk menyogok atau mengelabui aparat pemerintah, akhirnya harus bisa menerima nasib. Jokcan, begitu sebutan Djoko Tjandra, akhirnya bisa tertangkap di Negara tetangga, Malaysia, untuk kemudian digelandang oleh tim Mabes Polri ke tanah air.

Yap, pertualangan Djoko Tjandra selama 11 tahun lamanya, sejak ditetapkan sebagai terdakwa pada tahun 2009 lalu, akhirnya terhenti. Dia harus siap-siap menghadapi tuntutan hukumnya yang baru. 

Bukan hanya menjalani vonis hukuman dua tahum dari Mahkmah Agung (MA).  Dia juga, kemungkinan besar akan diproses hukum atas tuduhan kasus lainnya, diantaranya kasus penyuapan.

Tentu saja, atas keberhasilan pihak kepolisian Indonesia menangkap buronan kelas kakap tersebut patut diapresiasi, meski mungkin sangat terlambat. Ya, tidak apa-apa, lebih baik terlambat daripada pemerintah harus menanggung malu dalam waktu yang lebih lama lagi.

Bagaimana kata dunia, jika hingga hari ini Djoko Tjandra masih belum tertangkap. Boleh jadi, pemerintahan Presiden Jokowi dan aparat hukumnya akan terus dicibir. Tidak hanya oleh para pegiat atau aktivis hukum di tanah air, tetapi oleh pihak mancanegara lainnya.

Benarkah yang Ditangkap itu Djoko Tjandra?

Belum juga euforia atas keberhasilan pihak kepolisian Indonesia atas penangkapan Djoko Tjandra berakhir, tiba-tiba muncul isu-isu tak sedap. Ada dugaan, bahwa orang yang ditangkap tersebut adalah Djoko Tjandra palsu.

Setidaknya isu atau dugaan tersebut cukup ramai dibahas di media sosial (medsos) twitter.

Adalah Jonru Ginting yang memposting empat foto Djoko Tjandra yang sudah diedit dalam bentuk kolase, di akun twitter pribadinya. Keempat foto dimaksud, dua diantaranya adalah foto Djoko Tjandra setelah tertangkap lengkap dengan baju tahanan dan memakai masker. Sedangkan dua foto lainnya adalah foto Djoko Tjandra yang belum tertangkap.

Kemudian kolase foto Djoko Tjandra tersebut dikasih caption, yang berbunyi, "Luar biasa. Setelah ditangkap wajah Joko Tjandra banyak berubah."

Scrensot akun twitter Jonru Ginting
Scrensot akun twitter Jonru Ginting
Boleh jadi, postingan Jonru Ginting ini hanya ingin mengekspresikan rasa penasaran atau kekagetannya atas perubahan pada wajah sang buron. 

Namun, postingan atau cuitannya seolah dipahami oleh follower atau yang memberikan komentar sebagai bentuk sindiran dari Jonru, bahwa jangan-jangan yang ditangkap itu bukan Djoko Tjandra yang asli.


Sebagai bukti, akun atas nama My Name is Blue langsung berkomentar. Dia langsung menganalisa, bahwa ada perbedaan mencolok dari wajah Djoko Tjandra.

Kok saya melihat: yg kanan kupingnya ada sudut tajam ( arah jam 10). Yg kiri sudut tajamnya ngga ada, udah membulat. Bener ngga penglihatan saya?

Sementara akun atas nama Lesi Kotara lebih menyoroti perbedaan alisnya Djoko Tjandra

Yg 1 pakai pensil alis dan yg satunya tidak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x