Mohon tunggu...
Elang Salamina
Elang Salamina Mohon Tunggu... Serabutan

Ikuti kata hati..itu aja...!!!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Klopp Ogah Seperti Alex Ferguson, Kenapa?

13 Juli 2020   23:20 Diperbarui: 13 Juli 2020   23:13 179 22 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Klopp Ogah Seperti Alex Ferguson, Kenapa?
www.liverpool.com

BAGI pelatih sepak bola di belahan dunia manapun, sudah pasti akan sangat memimpikan hasil racikannya mampu berprestasi dan sukses seperti yang pernah di raih oleh mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Betapa tidak, pelatih asal Skotlandia tersebut benar-benar pelatih paripurna bagi sebuah klub. Karena telah meraih segalanya bersama si setan merah julukan Manchester United.

Selama kepemimpinannya yang dimulai sejak 1986 hingga 2013 hampir tidak ada gelar yang tak pernah dia dapatkan. Baik itu liga domestik, eropa maupun dunia.

Dominasi Ferguson bersama Manchester Merah mulai terlihat nyata setelah terbentuknya English Premier League (EPL) yang menggantikan Football League First Division sebagai kasta teratas Inggris, pada tahun 1992 silam.

Dari tahun 1992 hingga 2013, hanya di delapan kesempatan, Ferguson harus merelakan gelar EPL disambar klub lain. 13 edisi lainnya, berakhir dengan tropy bagi setan merah.

Untuk tingkat kompetisi eropa, pria yang kerap mengunyah permen karet saat anak asuhnya bertanding ini mampu mempersembahkan dua tropy bergengsi Liga Champion. Tropy si kuping besar ini dia raih pada musim 1998/1999 dan 2007/2008.

Sementara pada dua musim dan tahun yang sama pula, Ferguson mampu mempersembahkan tropy tingkat dunia antar klub. Meski pada tahun 1999 namanya masih piala intercotinental.

Tropy-tropy yang saya sebutkan di atas adalah tropy-tropy bergengsi saja. Mulai dari tingkat liga domestik hingga tingkat klub dunia.

Di luar itu sesungguhnya masih banyak gelar yang pernah dipersembahkan Ferguson selama menangani setan merah. Seperti Piala FA, Comunity Shield, Piala Winners dan Piala Super Eropa.

Nah, dengan sederet tropy ini, pelatih mana coba yang tidak ingin mengikuti jejaknya. Kalaupun ada, sosok pelatih itu adalah Jurgen Klopp. Seorang Jerman yang saat ini tengah menangani klub Liga Primer Inggris lainnya, Liverpool.

Tapi, tunggu dulu. Maksud saya di sini tentu saja bukan masalah prestasinya yang tidak diimpikan oleh Jurgen Klopp. Melainkan membentuk sebuah dinasti seperti yang pernah dilakukan Alex Ferguson bersama Manchester United.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN