Mohon tunggu...
Elang Salamina
Elang Salamina Mohon Tunggu... Serabutan

Ikuti kata hati..itu aja...!!!

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Ini Tiga Nama Layak Tampil Pilpres 2024, Anies ke Mana?

13 Juli 2020   12:46 Diperbarui: 13 Juli 2020   12:59 3570 37 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Tiga Nama Layak Tampil Pilpres 2024, Anies ke Mana?
Bipol.co

KONSTELASI politik dalam rangka "penjaringan" nama-nama kandidat yang layak dan bakal maju pada pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres/Pilwapres) 2024 mendatang masih terus menunjukan fluktuasi.

Elektabilitas sosok yang digadang-gadang bakal meramaikan pesta demokrasi lima tahunan ini terus menunjukan perubahan. Saling tikung, saling salip kerap terjadi. Hal tersebut tentu saja dilihat dari beberapa hasil lembaga survey di tanah air.

Contohnya seperti hasil survei dari Center for Political Communication Studies (CPCS). 

Lembaga yang digawangi oleh Tri Okta SK ini, menunjukkan ada tiga tokoh yang layak bertarung di Pilpres 2024 mendatang.

"Tiga tokoh muncul sebagai kekuatan utama dalam pertarungan memperebutkan posisi calon presiden 2024, yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil," ujar Okta, Minggu (12/7). Jpnn.com.

Dari ketiga nama itu, Prabowo masih bertengger di posisi teratas dengan capaian elektabilitas 18,4 persen. Meski hasil ini turun dari hasil bulan Maret, 22,7 persen.

Kenaikan justru diperlihatkan oleh Ganjar dan Ridwan Kamil. Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah itu naik dari 8,5 persen jadi 13,5 persen. Sedangkan Kang Emil (panggilan Ridwan Kamil), dari 5,8 persen jadi 11,3 persen.

Masih dikutip Jpnn.com, Okta menyebut, kenaikan elektabilitas Ganjar dan Kang Emil tidak bisa dilepaskan dari posisi keduanya sebagai kepala daerah kaitannya dengan penanganan pandemi COVID-19 di daerahnya.

Bagi saya, wajar jika Prabowo selalu mendapat rating elektabilitas paling atas dari hampir seluruh lembaga survei di tanah air. Sebab, sudah sama-sama kita maklumi, dia adalah politisi paling berpengalaman di antara nama-nama kandidat yang selama ini digadang-gadang bakal maju Pilpres 2024.

Mantan Danjend Kopasus tersebut adalah figur sentral dalam dua gelaran Pilpres sebelumnya, yakni pada tahun 2014 dan 2019.

Dia adalah satu-satunya tokoh yang dianggap mampu mengimbangi "keperkasaan" Jokowi dalam pentas politik Pilpres. Namun hasilnya memang belum memihak terhadap Ketua Umum Partai Gerindra dimaksud.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN