Mohon tunggu...
Elang Salamina
Elang Salamina Mohon Tunggu... Serabutan

Ikuti kata hati..itu aja...!!!

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Sulit Bagi Sandiaga Uno Jadi Menteri karena Alasan Politik, Ahok?

4 Juli 2020   18:41 Diperbarui: 4 Juli 2020   18:39 228 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sulit Bagi Sandiaga Uno Jadi Menteri karena Alasan Politik, Ahok?
SuratKabar.id

IBARAT bola salju, ancaman reshuffle kabinet dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sidang kabinet paripurna, Kamis (18/06/2020), kian hari kian membesar. Dampaknya terus melebar kemana-mana.

Sejumlah nama terus dikait-kaitkan seiring berkembangnya ancaman perombakan kabinet tersebut. Baik itu dari petahana menteri yang layak di reshuffle, maupun nama-nama dari luar yang dipandang layak mengisi jabatan menterinya Jokowi.

Nama-nama menteri yang digadang-gadang layak direshuffle menurut pandangan beberapa pengamat politik tanah air tersebut diantaranya ada nama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasona Laoly, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko ekonomi) Airlangga Hartarto dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki.

Beberapa nama dari luar yang dipandang layak menjadi menteri pun mulai berseliweran. Salah satu yang cukup menjadi perhatian adalah Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno.

Karena latar belakangnya sebagai pengusaha dan belakangan tengah intens bergerak di bidang usaha kecil dan menengah, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini dipandang layak menggantikan posisi Teten Masduki sebagai Menteri Koperasi dan UKM.

Pasalnya, mantan penggiat Indonesian Corupption Watch (ICW) tersebut dianggap underperformance atau kurang berkualitas. Teten yang semestinya berada paling depan menggerakan usaha kecil dan menengah di masa pandemi virus corona atau covid-19, malah seolah tidak jelas program dan gebrakannya.

Memang sejak awal pelantikan Kabinet Indonesia Maju (KIM) tidak sedikit yang mempertanyakan kualitas Teten saat ditempatkan pada posisi Menteri Koprasi dan UKM, mengingat dirinya lebih dikenal sebagai penggiat anti korupsi.

Kekhawatiran tersebut mendekati kebenaran. Teten seolah bingung hendak berbuat apa guna meningkatkan usaha masyarakat kecil di tengah-tengah masa pandemi covid-19.

Apakah Sandiaga Uno akan mampu menjalankan tugasnya dengan baik jika ditugaskan pengganti Teten? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN