Mohon tunggu...
Samini
Samini Mohon Tunggu... Guru Pembelajar

Guru yang hobi fotografi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Membuat Video Pembelajaran Cukup dengan Jari?

18 Februari 2020   14:00 Diperbarui: 18 Februari 2020   14:48 281 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membuat Video Pembelajaran Cukup dengan Jari?
rantai-makanan-laut-5e4b96a5d541df0b8e0df2a2.png

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, maka materi pembelajaranpun mengalami perubahan. Materi-materi pembelajaran manual yang berupa  buku cetak, kini agak kurang diminati generasi yang disebut sebagai generasi Alpha. 

Generasi ini sudah mengenal gadget sejak usia sangat dini. Hal ini tentu saja mempengaruhi gaya belajar mereka. Materi-materi pembelajaran digital lebih menarik minat mereka dalam belajar. Bahkan juga mempengaruhi cara mereka bergaul. 

Tak ada lagi batasan ruang dan waktu. Kini jarak semakin tersamar. Melalui gadget yang tersambung dengan internet, pergaulan tak lagi terbatasi oleh lokasi.

Alih-alih, membaca buku yang seharusnya menjadi keharusan dan kebiasaan seorang pelajar, kini sudah mulai berkurang. Untuk mengerjakan tugas sekolah, kini para pelajar merasa lebih mudah dengan cara searching di internet. 

Hanya dengan memasukkan kata kunci di google search misalnya, maka materi yang dicari dengan mudah didapat dalam hitungan detik tanpa harus membuka-buka buku untuk menemukan materi yang diinginkannya.

Sebagai seorang pendidik, mahu tak mahu, suka tidak suka, harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi ini. Membuat media pembelajaran digital sudah sewajarnya dikuasai oleh seorang guru

Minimal video pembelajaran sederhana yang dapat menghadirkan sesuatu yang harus dipelajari oleh peserta didik, namun sulit untuk dihadapkan atau di bawa ke ruang kelas disebabkan oleh ukurannya yang sangat besar, berbahaya untuk didekati, atau sangat jauh jaraknya, dan lain-lain. Contohnya seperti: peristiwa gunung meletus, tata surya, organ-organ pernafasan, dan lain-lain.

Dewasa ini banyak sekali aplikasi yang memudahkan guru untuk membuat video pembelajaran, seperti: Video Maker FX, Filmora, Sparkol Videoscribe, Microsoft Power Point, dan lain-lain. 

Bahkan banyak pula aplikasi android untuk pembuatan video, seperti: Kinemaster, Video Show, Filmora Go, dan lain-lain yang dengan mudah dapat diunduh di play store dan mudah pula digunakan di smartphone. Aplikasi android ini memudahkan guru dalam membuat video pembelajaran. Tak perlu repot menggunakan laptop. 

Hanya dengan memainkan jari, maka jreeeeeng jadilah video pembelajaran yang menarik. Namun, tentu saja yang lebih dibutuhkan adalah kemahuan dan niat seorang guru untuk berubah dan terus berusaha memantaskan diri, menjaga eksistensinya di era digital ini. Niat yang kuat akan mengarahkan dan memudahkan kita untuk belajar hal-hal baru. 

Sudahkan kita sebagai pendidik menyadari hal ini?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x