Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Bhinneka Tunggal Ika

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Inilah Tanaman Obat Keluarga yang Ampuh

16 Mei 2022   10:00 Diperbarui: 16 Mei 2022   10:19 165 14 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Inilah Tanaman Obat Keluarga Yang Ampuh/dokpri

Tanaman obat keluarga (toga) ternyata memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Cara untuk menanamnya pun tergolong mudah tanpa ribet seperti perkebunan diladang pada umumnya hanya saja tidak perlu perawatan khusus seperti lainnya.

Hanya bermodalkan alat cangkul saja sudah bisa memiliki tanaman obat seperti kunir kuning, kunir putih, temulawak, jahe dan kencur.

Oleh karena itu cerita ortu Saya dulu saat masih kecil walaupun belum ada obat rumahan yang dibeli di toko apotek namun semuanya sehat.

Tentu berkat tanaman obat alias toga yang melimpah disekitaran rumah, jika sakit panas dingin misalnya cara menyembuhkannya hanya dengan meminum wedang jahe baik pagi, siang atau malam secara rutin dalam sehari semalam.

Jika sakit kepala atau flu karena kehujanan juga cara menyembuhkannya hanya dengan meminum jamu temulawak yang ditanamnya dibelakang rumah.

Cara mengkonsumsi obat rumahan ini pun cukup mudah dan sederhana tanpa ribet yakni cukup meminumnya bagi anak kecil usia dari 5 s/d 10 tahun hanya setengah gelas kecil dari perasan air kencur yang dicampur garam dapur setelah sebelumnya dibersihkan dan diparut terlebih dulu secara halus.

Kunyit putih/dokpri
Kunyit putih/dokpri
Oleh karena itu sering mendengar istilah kata anak masih bau kencur ya itu tadi asal muasalnya dari tanaman kencur ini yang berkhasiat bagi bayi dan juga perawatan ibu hamil dan setelah melahirkan.

Cara mengobatinya mudah beras kencur hasil racikan antara beras dan kencur setelah dihaluskan bisa ditempelkan pada kening atau dibalurkan pada lengan, kaki, betis guna menghilangkan pegal dan rasa sakit lainnya setelah melahirnya. 

Cara tersebut kini telah tiada karena jika lahiran maka dirujuk ke rumah sakit. Jika dulu semuanya hanya menggunakan obat herbal yang didapat dari tanaman obat sendiri.

Mengapa tanaman obat keluarga ini penting untuk dimiliki dirumah? Salah satu alasannya adalah untuk mengantisipasi sakit pada tubuh ketika obat rumahan stocknya habis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan