Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Bhinneka Tunggal Ika

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

5 Fakta Menarik Tahun Baru Imlek

27 Januari 2022   21:04 Diperbarui: 27 Januari 2022   21:08 209 10 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Walaupun masih beberapa hari lagi Tahun Baru Imlek 2022 namun suasana tersebut sudah terasa.

Meskipun Saya tidak merayakannya namun ikut merasakan moment imlek yang sudah dibicarakan banyak WAG dan media berita lain.

Unik juga menurut Saya karena hampir sama dengan perayaan lebaran milik umat Islam. Seperti bagi-bagi amplop, kumpul keluarga, shalat id dan silaturahim tetangga.

Bahkan saat silaturahim lebaran sambil ngopi dirumah Kyai pasti didoakan seperti "semoga bagi yang masih jomblo diberikan jodoh secepatnya oleh Allah Swt yang sakinah mawadata warohmah".

Imlek 2022 pun sama hanya beda adat budayanya. Seperti tahun ini disimbolkan dengan Tahun Macan Air sebagai keberanian dan kuat.

Siapa yang memiliki Shio keberuntungan dari Tahun Macan Air ini maka bagi warga Konghucu dan Tionghoa merupakan sebuah kesuksesan dan keberkahan hidup.

Ada 5 Shio yang diyakini sebagai keberuntungan di tahun baru China diantaranya Shio Ayam, Kerbau, Tikus, Naga dan juga Shio Kuda.

Menurut orang China Perayaan Tahun Baru Imlek tidak saja soal seremonial belaka, lebih dari itu sebagai prediksi keberuntungan.

Kepercayaan masyarakat Konghucu sendiri dari Tahun Macan Air ini menempati urutan ke 3 dari 12 tahun versi penanggalan zodiak China yang mempunyai simbol 12 hewan diantaranya yang sudah disebutkan diatas sebagai simbol peruntungan.

Imlek 2022 yang sebentar lagi akan dirayakan mempunyai tujuan yaitu sebagai bentuk syukur akan datangnya tahun baru dan untuk menghormati para dewa dan para leluhur-leluhurnya yang wafat.

Meskipun pernak pernik imlek begitu banyak namun kurang srek kalau belum mengulas tradisinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan