Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Penulis - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tips agar Mandapat Beasiswa Sesuai Kriteria

24 November 2021   17:42 Diperbarui: 24 November 2021   18:34 134 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mendapatkan beasiswa kuliah/pixabay.com

Siapa sih yang tidak ingin melanjutkan kuliah secara gratis Semua kalangan pelajar pasti menginginkan dan menjadi dambaan pastinya.

Salah satu untuk dapat melanjutkan kuliah secara gratis yakni dengan memperoleh beasiswa kuliah dari kampusnya masing-masing.

Namun karena hal ini tidak mudah begitu saja, disamping informasi beasiswa sangat terbatas juga melalui beberapa seleksi terlebih dahulu dengan super ketat. Hal ini guna memastikan bahwa pelajar tersebut benar-benar pantas untuk meraih beasiswa dikampusnya.

Walaupun sangat rumit akan tetapi jika sudah mendapatkan beasiswa akan sangat berguna sekali demi masa depannya yang gemilang melalui pendidikan yang lebih tinggi. Apa lagi buat mereka yang punya ekonomi pas-pasan dan serba terkendala oleh biaya maka beasiswa adalah menjadi senjata utama.

Nah untuk bisa meraih beasiswa tersebut, penulis punya beberapa tips nih agar kiranya dapat dipakai oleh kalangan pelajar tentunya.

Tips Agar Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Tips Agar Mendapat Bea Siswa Sesuai Kriteria/pixabay.com
Tips Agar Mendapat Bea Siswa Sesuai Kriteria/pixabay.com
1). Lakukan Riset

Gambarannya jika ingin meraih beasiswa itu sama halnya dengan bekerja untuk mendapatkan gaji. Tentu saja harus rajin bekerja dan selalu semangat dalam mengemban tugas kerjanya. Jangan malas dan harus disiplin secara tepat waktu.

Setelah bekerja yang biasanya digaji setiap bulan, harian atau mingguan maka itulah hasilnya dari bekerja. Begitu pula dengan kuliah agar dapat berhasil maka harus gigih dalam mencari informasi tentang beasiswa kuliah tentunya.

Melakukan riset tentang bagaimana kriteria dari beasiswa yang ingin didapatkan sesuai kriteria. Sebagai contoh ingin beasiswa dari program S1, maka yang harus dipelajari adalah prosedurnya, syaratnya, dan pernak perniknya dari setiap beasiswa kuliah di S1.

Semakin banyak menggali informasi beasiswa kuliah ini maka akan semakin tahu seluk beluknya. Carilah informasinya dengan cara melihat akun media sosial tentang informasi beasiswa sebanyak mungkin.

Disamping hal tersebut bisa juga melalui laman resmi dari lembaga yang menyediakan beasiswa. Bisa dari pemerintah, yniversitas maupun dari pihak swasta lain.

2). Memahami Syarat Beasiswa

Beasiswa itu mempunyai berbagai macam ragam yang sudah disediakan dari lembaganya mulai beasiswa pemerintah seperti Bidikmisi atau KIP Kuliah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan