Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Penulis - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Tips Aman Cari Asisten Rumah Tangga

20 November 2021   17:32 Diperbarui: 20 November 2021   17:33 108 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mencari ART/kompasiana.com

Asisten Rumah Tangga (ART) memang penting untuk sebagian orang apa lagi bagi yang punya kesibukan diluar rumah seperti para pekerja kantor dan lain sebagainya.

Jika mempunyai asisten jangan asal punya. Sebab banyak sekali kasus demi kasus mengenai ART yang bersliweran dimedia sosial. Semuanya berawal dari kesalahan majikannya yang tidak teliti dalam memilah milih asisten rumah tangga dan akibatnya rugi sendiri.

Walaupun banyak pembantu rumah tangga yang tertimpa kasus setelah menjadi asisten rumah tangga. Namun ternyata tidak ada kapoknya. Kasusnya asisten ini bermacam-macam dari mulai mencuri hingga mencelakai anak karena teledor.

Mempunyai pembantu rumah tangga memang lebih meringankan pekerjaan majikan seperti memasak, mencuci dan juga mengurus anak.

Namun jika salah dalam memilih asisten akibatnya akan rugi sendiri seperti anaknya ditabokin karena rewel, membawa lari anak majikan, mencuri uang dan lain sebagainya.

Berikut beberapa tips agar aman mempunyai asisten rumah tangga

1). Cari ART yang di percaya

Bagaimana caranya agar sang majikan bisa percaya dengan asisten? Tentu melalui pertanyaan atau wawancara. Bisa saat mencarinya menanyakan pada orang atau ketika sudah mendapatkan aaisten tersebut.

Melalui wawancara sambil ngopi maka sang majikan akan lebih mengetahui sepak terjangnya tentang asisten tersebut. Dengan wawancara maka majikan pun akan tahu sifat dari bakal pembantunya.

2). Tanyakan pengalaman kerja

Ini yang paling penting dari asisten sebelum memperkerjakannya. Ssbab semakin asisten tersebut berpengalaman tentu akan semakin membantu pekerjaanya.

Khususnya agar cekatan dalam mengasuh anak berbeda dengan yang masih baru menjadi asisten. Selain butuh bimbingan tentunya lebih merepotkan karena walaupun wanita tidak semuanya menguasai setiap pekerjaannya sebagai asisten.

3). Pilih yayasan terpercaya

Sekarang mencari asisten rumah tangga bisa lewat online atau telepon langsung ditempat penampungan asisten atau yayasan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan