Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Pernyataan Sikap PBNU Terkait Agresi Israel terhadap Palestina

18 Mei 2021   17:27 Diperbarui: 18 Mei 2021   17:40 341 21 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pernyataan Sikap PBNU Terkait Agresi Israel terhadap Palestina
Pernyataan sikap PBNU terkait agresi Israel terhadap Palestina/sumber: twitter.com/nahdlatululama

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan pernyataan sikap tegasnya terhadap serangkaian peristiwa yang terjadi antara Israel dengan Palestina.

Pernyataan tersebut langsung disampaikan oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Aqil Said Sirajd pada hari Selasa 11/5/2021 lalu.

PBNU mengecam segala tindakan anarkisme yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Bukan hanya di situ, PBNU pun meminta agar tindakan pengrusakan tersebut segera dihentikan.

"Ini sudah kesekian kalinya di setiap tahun selama bulan Ramadhan. Oleh karena itu, Saya mendesak kepada PBB untuk tidak menutup mata, itu sudah menjadi kejadian nyata melanggar kemanusiaan, melanggar hak asasi manusia (HAM) melanggar kehormatan bangsa Palestina," kaya Kyai Said. Sumber: nuonline.id.

Sebagaimana yang kita ketahui Konflik antara Israel dan Palestina sudah terjadi dari tahun 2014 yang lalu. Seperti sudah menjadi musuh bebuyutan bagi keduany dimana kedua belah pihak saling serang.

Atas insiden ini, krisis kemanusiaan pun terus berlanjut hingga hari ini, korban anak-anak dan wanita sudah jelas menjadi mangsanya. Oleh karena itu PBNU meminta agar Israel segera menghentikan aksi agresinya demi mengakhiri krisis kemanusiaan.

Tindakan Polisi Israel tersebut tentu melanggar hukum, dimana ketika para Jamaah warga Palestina sedang shalat taraweh di Masjidil Aqsha, Polisi Israel melakukan aksi anarkisme terhadap para warga yang sedang beribadah secara brutal dan tidak berperikemanusiaan.

Selain itu Ketum PBNU juga menghimba kepada seluruh masyarakat Palestina agar bersatu padu. Sebab menurut Kyai Said bahwa kekuatan yang paling utama adalah persatuan dan kesatuan.

KH Aqil Said Sirajd dikediaman duta besar Palestina HE Zuhair Al-shun/sumber: twitter.com/nahdlatululama
KH Aqil Said Sirajd dikediaman duta besar Palestina HE Zuhair Al-shun/sumber: twitter.com/nahdlatululama
Mustahil semua perjuangan bagi Rakyat Palestina akan menang jika tidak ada rasa persatuan dan kesatuan antara semua golongan dan komponen masyarakatnya.

Seperti inilah isi pernyataan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terkait agresi Israel terhadap warga Palestina.

Bahwa yang pertama adalah PBNU mengutuk keras serta mengecam segala insiden yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina. Dimana sudah banyak korban jiwa di antara warga palestina.

Lalu yang kedua adalah PBNU mendorong upaya gencatan senjata di kedua belah pihak. Hal ini dilakukan agar segala bantuan kemanusiaan dapat memasukinya serta situasi dan kondisi di Palestina dapat normal dengan sedia kala.

Ketiga, PBNU senantiasa mendesak pada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta komunitas Internasional. Hal ini dilakukan guna melakukan langkah cepat dalam gencatan sejata. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN