Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Makna Hari Kemenangan Idul Fitri 1442 H

13 Mei 2021   13:54 Diperbarui: 13 Mei 2021   14:21 826 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Makna Hari Kemenangan Idul Fitri 1442 H
Hari kemenangan idul fitri oleh samhudi

Sidang isbat yang digelar pada selasa 11/4/2021 memutuskan Pemerintah melalui Kemenag telah menetapkan secara serentak 1 Syawal 1442 Hijriyah jatuh pada hari kamis 13 April 2021 setelah berhasil dengan ru'yatul hilal.

Takbir, Tasbih dan Tahmid seketika berkumandang dimana-mana diseluruh pelosok NUsantara Rabu sore malam kamis selesai berbuka hingga pagi hari.

Waktu yang ditunggu kini telah tiba Alunan syahdu nan merdu menyayat kalbu setiap relung hati para perindunya tentu saja disambut dengan gembira.

Ramadhan 1442 telah berlalu berganti Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H. Puncak titik klimaks umat Islam pun tumpah ruah berganti pesona Fitri. Rasa bahagia dari aneka ekspresi setiap manusia telah datang pada hari kamis ini.

Pagi hari seusai shalat ied seluruh masyarakat seperti biasa saling silaturahmi untuk memaafkan dan dimaafkan orang lain, semua orang pun bergembira ria dengan masing-masing ekspresinya dan hal ini sudah menjadi tradisi dari dulu saat lebaran idul fitri tiba.

Terlepas euforia gegap gempita tersebut, yang perlu digaris bawahi adalah tentang bagaimana makna dihari kemenangan. Ini yang harus menjadi renungan.

Idul Fitri 2021 saat ini masih dalam pandemi wabah covid-19 seperti tahun lalu. Kemudian menjadi pertanyaan tersendiri sebagian orang diluar sana. Benarkah sudah meraih kemenangan?.

Eksistensi dari pada hari kemenangan Idul Fitri pada tahun ini. Harusnya itu yang seperti apa serta bagaimana untuk merayakannya disaat pandemi saat ini.

Tentang hari kemenangan idul fitri, Saya sering menyaksikan iklan di Tv dan tentu saja mempromosikan idul fitri sebagai hari kemenangan. Tidak ada yang menyoal tentang ini. Hanya segelintir saja mempersoalkamya mungkin belum tahu secara pasti makna hari tersebut.

Saya tidak akan memakai dalil dari Kitab Suci Alquran karena sekalipun memakainya, hal tersebut tidak akan membuahkan hasil bagi yang tidak mau idul fitri sebagai hari kemenangan.

Sekalipun memakai Dalil baik Aqli, Naqli ataupun hadist, itu sama sekali tidak akan bisa membuka hati nurani mereka yang tertutup dari hidayah Allah Swt untuk memahami dan tetap tidak peka akan hari kemenangan idul fitri bagi umat Islam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN